3 Metode Paling Populer Dalam Melakukan Riset Pasar

3 Metode Paling Populer Dalam Melakukan Riset PasarSaya masih akan membahas soal riset pasar untuk artikel kali ini. Karena banyak juga yang mempertanyakan perihal riset pasar ini dan saya rasa saatnya kita mengupasnya lebih lanjut.

Kalau Anda bertanya seberapa penting Anda harus membuat riset pasar dari produk Anda, maka jawaban saya adalah sama pentingnya dengan Anda membuat perencanaan usaha. Tanpa keduanya Anda seperti berjalan di jalur off road tanpa peta dan kompas. Anda bisa saja sampai ketujuan, tapi Anda harus melalui proses yang lebih sulit. Meski ada juga pelaku usaha yang berkeyakinan bisa menjalankan usaha tanpa riset dan perencanaan.

Dalam membuat riset pasar, ada 3 metode yang paling umum menjadi pilihan banyak pelaku usaha. Berikut ini adalah metode-metode tersebut :

  1. Quisioner
    Cara pertama ini adalah memberikan daftar pertanyaan seputar data yang Anda perlukan untuk usaha Anda, Anda perlu menyiapkan responden dari konsumen potensial yang akan menjawab quisioner. Biasanya supaya responden bertanggung jawab penuh dengan jawaban dalam quisioner maka sebaiknya Anda memberikan imbalan yang sesuai, seperti souvenir atau sejumlah uang.
  2. Riset Grup
    Cara kedua ini dengan membentuk sekelompok orang dari populasi utama pasar potensial Anda. Tugas mereka adalah menyampaikan apa yang mereka butuhkan, merasakan produk Anda dan memberikan pendapat seputar produk yang mereka rasakan tadi. Mereka juga bisa dimintai pendapat mereka soal apa yang perlu Anda perbaiki seputar produk Anda. Lagi-lagi Anda perlu menyediakan kompensasi seputar jasa dari grup ini.
  3. Survey
    Ini adalah cara terakhir dan cara paling populer. Disini Anda membuat survey dengan mengajukan pertanyaan sederhana dan simpel seputar produk yang akan Anda riset. Survey biasanya bersifat random dan kerap kali sukarela. Jadi jangan sampai pertanyaan Anda menyita dan menganggu. Tapi belakangan istilah survey juga bisa merupakan nama lain dari quisioner.

Itu tadi metode paling umum dalam melakukan riset pasar. Tapi Masih ada banyak cara lain yang juga bisa Anda jadikan metode. Satu hal yang harus Anda catat dalam melakukan riset psar, pastikan hasil dari riset adalah hasil yang objektif dari responden Anda dan bukan sekedar untuk menyenangkan hati Anda demi mendapat kompensasi tadi.


Kata kunci mesin pencari:

metode riset pemasaran - Metode riset pasar - metode penelitian pasar - macam-macam metode riset pemasaran - metode penelitian pemasaran - cara melakukan riset pasar - metode dalam riset pemasaran - macam macam metode riset pemasaran - metode-metode riset pemasaran - macam macam riset pasar - metode survei pasar - metode dalam riset pasar - metode penelitian riset pemasaran - Metode metode riset pemasaran - macam macam riset pemasaran - metodologi riset pemasaran - macam-macam riset pasar - metode penelitian riset pasar - metode dalam penelitian pasar - macam-macam riset pemasaran -
loading...
3 Metode Paling Populer Dalam Melakukan Riset Pasar | LadyNoel | 4.5