Ahmad Ngabdulloh mencari celah dalam persaingan usaha batu alam

Adalah Ahmad Ngabdulloh seorang pengusaha batu alam yang harus berjuang ditengah ketatnya persaingan usaha batu alam di daerah Muntilan. Namun dalam beberapa tahun berkat kecerdasannya dalam membaca selera pasar serta terus melakukan inovasi kini bahkan usahanya telah merambah ke Jakarta dan Yogyakarta.

ahmad ngabdulloh mencari celah dalam persaingan  usaha batu alam

Pria 33 tahun ini harus mengambil alih usaha ayahnya  dengan  rasa enggan pada awalnya karena situasi persaingan usaha yang dianggap terlalu tinggi. Sepanjang jalan Muntilan menuju Borobudur, anda akan menemukan deretan toko usaha batu alam. Mulai dari cobek hingga ukiran besar seperti kuda,Replika hewan, patung dewa arjuna, patung budha dan replika Borobudur.

Ketika akhirnya Ahmad Ngabdulloh memutuskan untuk menjalankan usaha   batu alam sang ayah, pria ini telah siap untuk menjalankan berbagai strategi usaha demi dapat bertahan dan berkembang. Toko 77 Craft milik Ahmad harus memiliki perbedaan dan keisimewaan untuk menarik pembeli.

Tingginya traffic menuju Borobudur menjadi salah satu pasar potensial yang akan Ahmad coba bidik. Turis asing cenderung memiliki kemampuan beli yng baik dan juga lebih tertarik dengan produk yang bersifat tradisi dan alami. Karenanya Ahmad melakukan beberapa riset untuk mendapatkan gambaran selera para turis asing ini dan daya beli mereka.

Berangkat dari hasil riset ini, Ahmad memaksimalkan produksi kerajinan pada produk produk yang digemari turis asing dengan harga yang sesuai daya beli mereka. Tidak hanya sampai disitu, Ahmad juga sengaja memajang hasil kerajinan ini dibagian depan toko dengan mencolok sehingga mengundang ketertarikan mereka. Strategi ini memang terbukti berhasil dan menyumbangkan keuntungan yang tidak sedikit bagi usaha batu alam ini.

Selain membaca minat pasar, Ahmad juga melakukan inovasi berkelanjutan dalam produksinya. Ahmad harus terus melihat perkembangan trend desain interior dan eksterior untuk bisa mengejar permintaan. Salah satu inovasi terkenalnya adalah system air mancur minimalis dengan bola berputar pada pusat pancuran. Inovasi ini jelas meningkatkan penjualan karena memang satu satunya pada kawasan ini.

Trik pemasaran yang Ahmad lakukan juga cukup jitu. Ahmad menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan interior dan furniture yang marak di kawasan Yogyakarta. Dengan kerjasama ini pihak partner akan memberikan advise kepada konsumennya membeli eksterior di toko 77 Craft dan begitu pula sebaliknya. Ide ini juga lagi lagi menunjukan efektivitas yang cukup baik.

Kini usaha Ahmad sudah membuahkan hasil. Permintaan yang masuk terus mengalir, pengiriman barang keluar kota tidak pernah berhenti. Bahkan saat ini Ahmad membuka cabang di kawasan Jakarta untuk memenuhi permintaan konsumen dari Jakarta. Jakarta memang salah satu pasar potensial Ahamd yang belum tergarap maksimal karena tak jarang konsumen ragu dengan keamanan pengiriman barang.

Source :Jalinukm.com

 


Kata kunci mesin pencari:

usaha batu alam - bisnis batu alam - pancuran batu alam - Usaha batu alam yg sukses dan berhasil - pemasaran batu alam - cara memulai usaha batu alam - cara bisnis batu alam - bisnis usaha batu alam - cara usaha batu alam - profil ahmad ngebdulloh - peluang usaha batu alam - pancuran batu - usahabatualam - prospek keuntungan usaha batu alam - riset pasar batu alam - pancuran air batu - produsen batu alam muntilan - batu pancuran - cara berbisnis batu alam - toko usaha batu alam menjanjikankah? -
loading...
Ahmad Ngabdulloh mencari celah dalam persaingan usaha batu alam | LadyNoel | 4.5