Analisa Modal Usaha Rental Mobil

Banyak peluang usaha yang saat ini dapat dilakukan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin memulai usaha baru untuk menghasilkan pemasukan tambahan maupun utama. Salah satu peluang usaha yang dapat dilakukan yakni dengan memulai usaha rental mobil, memang jenis usaha yang satu ini membutuhkan modal yang cukup besar jika dilihat dari perlengkapan yang digunakan atau dibutuhkan.

Membuka usaha rental mobil tentunya membutuhkan lebih dari satu mobil untuk disewakan, oleh karenanya jenis usaha yang satu ini memerlukan dana atau modal yang besar. Namun hal ini dapat disiasati, caranya yakni dengan melakukan kredit mobil kepada pihak dealer. Untuk tahapan awal dalam usaha rental mobil ini, sebaiknya dilakukan dalam skala kecil saja kecuali jika sedari awal telah memiliki banyak mobil untuk direntalkan.

 analisa modal usaha rental mobil

Jika dari awal memang tidak memiliki mobil, calon pengusaha rental mobil dapat melakukan kredit mobil yang diinginkan. Misalnya Anda telah membeli sebuah mobil dengan cara kredit dengan menggunakan uang muka milik sendiri, sedangkan untuk angsuran perbulan mobil tersebut dapat dibayar dengan menggunakan hasil rental mobil kredit tersebut.

Contohnya jenis mobil yang dikredit yakni Avanza 2012 dengan harga Rp. 160 juta, kemudian mobil tersebut direntalkan dengan harga misalnya Rp. 250.000/harinya (mungkin lebih besar kisaran sewa tahun 2016 ini). Jika dalam satu bulan sekurang-kurangnya ada 20 orang yang menyewa mobil tersebut, setidaknya penghasilan Anda dalam sebulan tersebut mencapai Rp. 5 juta. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang lumrah untuk hasil usaha rental mobil.

Untuk pemasaran usaha rental mobil sendiri tidaklah sulit, pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan jasa iklan di surat kabar atau dapat juga dengan menyebar brosur, menempelkan spanduk, atau hal lainnya. Jika layanan yang diberikan dapat memuaskan pelanggan, tentunya usaha yang dijalankan akan lebih berkembang lagi karena pelanggan akan ikut mempromosikan jasa usaha rental mobil yang Anda kelola.

Semua jenis usaha yang akan digandrungi tentunya memiliki resiko masng-masing, termasuk juga dalam membuka usaha rental mobil ini yang tentunya memiliki resiko yang wajib ditanggung. Dalam usaha rental mobil ada beberapa resiko yang harus diwaspadai, resiko dalm usah rental mobil ini mulai dari resiko kecelakaan, kehilangan mobil, penipuan mobil, pencurian mobil, dan juga saat ini ada yang namanya modus pembajakan mobil. Untuk menghindari resiko tersebut, sebaiknya mobil yang direntalkan dilengkapi dengan asuransi.

Berikut ini akan dipaparkan mengenai analisa modal usaha rental monil, yakni:

Modal awal:

*Uang muka untuk cicilan awal kredit mobil                        Rp. 30.000.000

 

Biaya operasional:

*Perawatan mobil                              Rp. 250.000

*Cicilan mobil selama 3 tahun           Rp. 2.000.000

*Biaya listrik dan telepon                  Rp. 250.000

 total biaya operasional                      Rp. 2.500.000

 

Pemasukan dari usaha rental mobil

*Orderan minimalnya 4 kali dalm seminggu dengan Rp. 250.000               Rp. 4.000.000

 

Dari data di ats, dapat dipastikan untuk keuntungan dari usaha rental mobil ini dapat mencapai Rp. 1. 500.000 per bulannya. Keuntungan dapat lebih besar lagi jika jumlah order minimal lebih banyak dibandingkan dengan perkiraan, tentunya hal ini tidak lepas dari usaha promosi dan juga lokasi dari jasa usaha rental mobil yang didirikan.

Memulai usaha memang bukanlah hal yang mudah, terkadang rencana dan perkiraan yang telah disusun sedari awal tidak berjalan dengan semestinya. Oleh karenanya, ketika memulai usaha sebaiknya Anda menyiapkan mental baja agar ketika ada masalah yang timbul tidak membuat Anda menyerah dan terus melangkan maju ke depan.

Leave a Reply