banner murah

pasang iklan murah

Anda butuh modal usaha?


Ketika seseorang berencana membuka usaha, satu hal yang sangat penting dan jelas tak bisa diabaikan adalah modal. Setiap pengusaha butuh modal usaha baik untuk memulai usaha baru atau untuk mengembangkan usahanya. Modal seperti aliran darah bagi sebuah usaha.

anda butuh modal usaha?Saya katakan aliran darah, karena kita bisa analogikan modal usaha sebagai  sebuah tubuh yang membutuhkan darah beroperasi, tanpa aliran darah yang lancar, maka bagian tubuh tersebut akn bekerja lebih lambat dan akan menganggu kinerja bagian tubuh yang lain. Pada situasi tertentu Anda harus menjalani transfusi darah ketika stok darah dalam tubuh tak lagi mampu memenuhi kebutuhan. Ini mirip dengan anda membutuhkan suntikan kredit ketika anda butuh modal usaha tambahan untuk keberlangsungan usaha anda.

Pertanyaannya apa saja sumber dana yang bisa anda manfaatkan ketika anda butuh modal usaha tambahan? Berikut ini mungkin bisa menjawab pertanyaan anda.

  1. Tabungan anda, seringkali seseorang memiliki dana cadangan baik dalam bentuk investasi, dana pensiun atau tabungan deposito. Dana ini bisa anda harapkan sebagai dana cadangan untuk menyuntikan modal ketika usaha anda membutuhkannya.
  2. Pinjam Bank, cara ini memang cara paling klasik dalam pencarian kredit. Dalam pengajuan kredit pada Bank, tentu kelebihannya anda bisa mengajukan pinjaman dalam jumlah besar. Hanya saja pihak bank cenderung memberi sederetan syarat bagi anda termasuk profil usaha, laporan keuangan  dan data jaminan. Bunga yang dikenakan juga tergolong besar, sekitar 11,71% sedang pada BPR lebih tinggi lagi 31,28%. Namun juga ada Kredit Usaha Rakyat yang memberikan plafon pinjaman lebih kecil dan bunga hanya sebesar 15 %.
  3. Pinjaman LKBB, ini adalah pinjaman dari lembaga non bank seperti misalkan pegadaian. Sistem pengajuan hampir sama dengan cara pada Bank, namun suku bunga yang dikenakan hanya 12%. Namun jika kredit berasal dair perusahaan Leasing, maka suku bunganya bisa lebih besar karena biasanya ini adalah usaha swasta
  4. Program PKBL, program ini memang terobosan baru pemerintah terhadap UKM dengan memberi wewenang pada BUMN tertentu untuk meberikan pinjaman bunga  ringan. Biasanya usaha  harus sesuai dengan bidang usaha BUMN tersebut. Seperti Pembukaan Warnet dengan bantuan dari TELKOM.
  5. UMKM, program ini tak berbeda dengan program PKBL hanya saja lembaga yang bertanggung jawab adalah Departemen Koperasi. Lagi lagi focus pinjaman ditujukan pada UKM dan pengembangan masyarakat kecil. Hanya saja untuk system ini, anda perlu membentuk kelompok setiap kelompok mendaftarsecara resmi kekelurahan dan nanti akan mengikuti program UMKM dan pembinaan.
  6. Investor Lepas, keberhasilan cara ini memang bergantung pada kualitas hubungan relasi yang anda miliki. Biasanya untuk mempercayakan seseorang menjalankan usaha dengan modal investor seperti ini, perlu suatu kepercayaan yang tinggi, dan system perjanjian yang cukup detil untuk mencegah hal hal yang tidak diharapkan kemudian hari.

Kata kunci mesin pencari:

pinjaman tanpa jaminan non bank (483), butuh modal usaha (351), butuh modal usaha tanpa jaminan (194), Butuh modal (150), kredit usaha rakyat tanpa agunan (122), cari pinjaman uang tanpa jaminan (95), pinjaman modal usaha tanpa agunan (57), cari pinjaman modal usaha tanpa jaminan (56), bantuan modal usaha tanpa agunan (49), kredit usaha kecil tanpa agunan (48), 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

footer gelumbang