pasang iklan murah

Anto Suroto, Perajin Kulit Reptil Yang Sukses


Anto Suroto terbilang sukses melakoni industri rumah tangga kerajinan kulit reptil.  Produk-produk yang dihasilkan seperti tas, pakaian, aksesoris wanita, dan berbagai macam kerajinan lainnya telah diekspor ke berbagai negara.  Omzetnya mencapai 20 – 30 ribu dolar per bulan, kendati hasil kerajinannya tidak diproduksi dalam jumlah banyak.

Usaha Anto kian maju setelah mengikuti pembinaan dari pemerintah dan Yayasn Dharma Bhakti Astra Manajemen.  Akses memasarkan produk ke luar negeri pun lebih mudah, terutama ke Jepang.  Juga korporasi dengan Departemen Perdagangan untuk mengikuti pameran produk kerajinan tangan di dalam maupun di luar negeri.  Akibatnya, produk-produknya dikenal banyak orang.

Lewat kesempatan itu, Anto kembali melakukan penetrasi pasar ke Amerika Serikat, mulai dari Los Angeles, San Fransisco, sampai New York.  Di Jepang Anto pun memberanikan diri memasarkan produk melalui ekshibisi di Maruzen dan Takashimaya Departement Store.  Hasilnya cukup memuaskan, produknya diterima di pasar internasional.

Anto yang berasal dari Medan mulai tertarik menggeluti usaha sejak berkenalan dan membantu pengusaha kulit reptil asal Jepang. Ternyata kulit reptil bisa disulap menjadi barang bernilai ekonomi tinggi.  Usaha Anto dimulai dengan modal kecil pada tahun 1990.  Lambat laun usahanya mulai mandiri dan eksis dengan merk dagang sendiri, Tasku dan Scano.  Karena dinilai berpotensi, tahun 2000 Anto mendapat pembinaan dari Badan Pengembang Ekspor Nasional di bawah pengendalian Menteri Perdagangan.  Ia juga dibina oleh Kementerian Koperasi, Dinas Perdagangan, sertaYayasan Dharma Bhakti Astra.  Dari pembinaan itu, Anto semakin mengetahui bagaimana meningkatkan produktivitas, efisiensi kerja, dan pelatihan kepemimpinan.

Anto tak pernah absen mengikuti seminar dan pelatihan yang diadakan pemerintah untuk Usaha Kecil Menengah.  Tak jarang pula ia mengikutsertakan karyawannya supaya memiliki keahlian mengelola dan mengembangkan perusahaan.

Rumah milik Anto Suroto yang terletak di kawasan Jalan Cempaka Putih Timur Nomor 17, Jakarta Pusat menjadi pusat kerajinan dari kulit reptil. Dari kediaman berlantai tiga  inilah berbagai produk kerajinan dari kulit reptil diproduksi. Anto dibantu oleh sepuluh orang karyawan untuk pengerjaan produksinya. Selain itu, Anto juga memiliki butik di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.


Kata kunci mesin pencari:

tokoh wirausahawan di bidang kerajinan tekstil yang sukses (148), yhs-fh_lsonsw (75), tokoh wirausahawan dibidang kerajinan tekstil yang sukses (44), anto suroto (33), tokoh wirausaha di bidang kerajinan tekstil yang sukses (28), Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan tekstil (26), tokoh wirausahawan yang sukses di bidang kerajinan tekstil (20), tokoh wirausaha di bidang tekstil (17), contoh tokoh wirausahawan di bidang kerajinan tekstil yang sukses (16), profil pengusaha kerajinan tekstil (14), 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

footer gelumbang