Ari Bayat Pengusaha Sukses Mainan Edukatif

Toko mainan anak Arba Makmur terletak di Jalan Raya Pondok Gede, Bekasi, tak jauh dari Monumen Pancasila Sakti.  Aneka jenis mainan edukatif berbahan baku kayu bisa dibeli secara eceran.  Namun potensi bisnis yang dibidik Ari Bayat (Arba), sang pemilik, adalaj pesanan sekolah dan proyek pengadaan pemerintah.

Ari memulai bisnis mainan anak sejak tahun 2004, saat ia masih berstatus karyawan bank swasta.  Ia belum memproduksi sendiri.  Ari mengambil mainan anak edukasi berbahan kayu dari produsen lain kemudian menjualnya lagi. Setiap akhir pekan, Ari keliling ke sekolah-sekolah, terutama TK hingga ke Taman Mini Indonesia Indah untuk menjajakan produknya.

Karena melihat potensi pasar yang menjanjikan, pada tahun 2006 Ari mengajukan pinjaman ke koperasi untuk membuka usaha mainan anak.  Waktu itu dia meminjam Rp 35 juta, untuk menyewa tanah, membeli kayu, dan mesin.  Bangunan itu kemudian jadi pabrik Ari Bayat.  Kemudian dia menambah modal Rp 25 juta untuk peralatan.  Jadi total modal Rp 60 juta.  Tapi sebelumnya dia sempat memproduksi kecil-kecilan di rumah.

Karena modal masih terbatas, Ari membeli kayu bekas bongkaran Tamini Square sebagai bahan baku.  Belum sanggup membeli yang baru karena mahal.  Pertama mencoba usaha mainan edukatif ini dia dibantu dua tukang untuk membentuk dan mengecat.

Dari hari ke hari, bisnis mainan anak menyita waktu Ari.  Pada tahun 2009 Ari memutuskan meninggalkan pekerjaannya di bank.  Pada saat yang sama, ia mendapat proyek dari Bengkulu untuk pengadaan mainan anak dari Kementerian Pendidikan Nasional senilai Rp 250 juta.

Kini Arba Makmur juga menggunakan tripleks halus yang tidak berserat.  Ari memilih jenis ini karena terbilang aman, termasuk bagi anak-anak.  Namun Ari tetap setia dengan kayu bekas.  Kayu bekas ini didapat dari balok kayu bekas ngepak barang-barang impor yang dipesan pabrik-pabrik.

Semua bahan yang digunakan Ari diklaimnya aman.  Ari memilih cat yang sudah bersertifikasi dan tidak mengandung racun.  Cat ini pengencernya air, bukan minyak atau bahan lainnya.  Jadi aman untuk anak.

Kini jenis mainan anak yang diproduksi Ari mencapai 200 lebih.  Misalnya aneka balok susun, aneka puzzle, maket salat, maket tempat ibadah, bak pasir, angklung, mobil-mobilan, balok angkam huruf hijaiyah, patung hewan, maket alat musik, maket orang profesi, papan absen, dan yang lainnya.

Bisnis mainan anak berbahan kayu menjanjikan potensi karena produk impor dari China tidak masuk segmen ini.  Mainan China rata-rata dari plastik, produk lokal bahan utamanya dari kayu, jadi amanlah.


Kata kunci mesin pencari:

mainan dari kayu bekas - mainan anak dari kayu bekas - usaha mainan dari barang bekas - toko mainan anak di pondok gede - usaha mainan anak keliling - PELUANG KAYU BEKAS PROSPEK - toko mainan anak pondok gede - pengusaha mainan - usaha mainan sukses - buka usaha mainan dari barang bekas - pengusaha mainan sukses - Bisnis mainan anak bekas - membuka usaha berbahan dari kayu - industri mainan anak dari kayu - profil pengusaha mainan - sukses bisnis mainan anak - profil penjual permainan education sukses - profil pengusaha mainan anak - prospek pemilik usaha toko - memulai usaha mainan edukatif -
loading...
Ari Bayat Pengusaha Sukses Mainan Edukatif | mamanmalmsteen | 4.5