Ayo Mencicipi Manisnya Bisnis Kayu Jabon

ayo mencicipi manisnya bisnis kayu jabonBisnis Kayu Jabon bisa kita bilang sebaga trend baru dunia agro bisnis. Namun karena dunia bisnis kayu tergolong bisnis yang kurang populer terutama di perkotaan, mungkin masih banyak yang masih belum ngeh keberadaan trend bisnis kayu jabon ini.

Bisnis Kayu jabon memang sedang berkembang pesat dalam 3 tahun belakangan ini, beberapa keunggulan dari karakteristik tanaman jabon dibanding tanaman kayu keras lain seperti sengon (albasia) bahkan jati. Terlebih saat ini permintaan kayu jabon cukup tinggi sehingga kerapkali pemilik bisnis kayu jabon sudah memiliki pengepul sebelum masa panen

Jabon ini adalah jenis tanaman kayu keras yang hidup pada kawasan tropis dengan 1000-2000 m dpl. Toleransi pada panas tinggi dan curah hujan tinggi. Tergolong tanaman pionir sehingga sanggup hidup pada tanah yang kering atau berbatu.

Kelebihan Jabon untuk bisnis kayu

Jabon memiliki karakteristik yang memungkinkan anda mendapat kemudahan dalam menjalankan bisnis kayu, seperti :

  1. Pohon ini cukup bandel, tidak memerlukan perawatan khusus, juga lebih tahan penyakit dibanding sengon, perawatan hanya pupuk tiap 2 bulan dan potong rumput pada 2 tahun awal penanaman. Jarak pohon juga tidak terlalu jauh bisa hidup dalam jarak 1.5m.
  2. Bahkan ketika usia tanaman menginjak 2 tahun anda bisa menanami lahan (antar pohon) dengan tanaman produksi pendek, atau rumput gajah (pakan sapi) karena jabon sudah cukup tinggi hingga dapat bersaing hidup dengan tanaman pendek.
  3. Tanaman ini tumbuh sangat lurus dan menjulang dengan diameter bisa mencapai 20cm dan tinggi bisa hingga 11M. Anda tidak perlu memangkas ranting karena ranting akan kering dan rontok sendiri
  4. Usia panen yang pendek hanya 4-5 tahun, harga bibit yang cukup murah namun harga jual tinggi

Memulai Bisnis Kayu Jabon

Dalam memulai bisnis kayu jabon anda harus mempersiapkan beberapa hal. Bisnis kayu bukan bisnis cepat, anda perlu menginvestasikan dana anda dalam bisnis kayu beberapa tahun, namun anda dapat memperoleh hasil yang berkali kali lipat. Berikut hal hal yang harus anda persiapkan dalam memulai bisnis kayu jabon:

  1. lahan, upayakan lahan yang subur untuk memaksimalkan hasil. Anda bisa melakukan pemupukan pra produksi sehingga tanah terkondisi sehat.
  2. Bibit, harga bibit sekitar Rp1000 perbatang. Anda dapat membeli secara massal diberbagai toko agro dikota sekitar anda, bahkan kini bibit jabon sudah menjadi trend dalam online market.
  3. Tenaga kerja, tenaga ini dapat anda kontrak selama 5 th hingga panen, dengan tugas penanaman, pemeliharaan, keamanan hingga pemanenan.
  4. Pasar, pasar bagi bisnis kayu jabon sangat luas, mulai dari industry pulp, kayu lapis, peti buah, DSB. Dan jika lahan anda berada pada kawasan bisnis kayu jabon, maka pengepul sudah siap menerima kayu anda kapanpun dengan harga yang sangat baik, terakhir pada tahun 2012 sekitar Rp 1Jt/m3 atau sekitar Rp 500 rb perpohon.

Kata kunci mesin pencari:

bisnis pohon sengon - pengepul peti buah - pinjaman modal untuk usaha kayu sengon - Teknik perawatan sengon pada lahan kering -
loading...
Ayo Mencicipi Manisnya Bisnis Kayu Jabon | LadyNoel | 4.5