Bagaimana Jika Bau Gas Tercium?

Dalam menyalakan kompor maka kita perlu berhati-hati karena jika kita tidak berhati-hati maka akan terjadi bahaya seperti kebakaran. Untuk itu sebelum menyalakan kompor anda harus mengecek tabung gasnya terlebih dahulu, setelah itu anda juga mengecek regulatornya apakah ada kebocoran atau tidak. Jika memang dalam pengecekan tidak terjadi masalah apa-apa maka anda dapat menyalakan kompornya. Namun jika anda menemukan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya maka anda perlu waspada karena mungkin saja ada bahaya yang bisa mengancam anda.

Pengecekan itu sangatlah penting. Jika kita tidak mengecek terlebih dahulu sebelum menggunakannya maka hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Ada beberapa alasan kenapa pengecekan itu penting dalam memasang kompor dan juga menyalakan kompor yaitu antara lain :

1. Menghindari gas yang terbuang sia-sia
2. Menghindari kebocoran regulator
3. Mencegah kebakaran
4. Mencegah keracunan akibat gas yang keluar
5. Mencegah terjadinya ledakan

Itu beberapa hal terpenting jika anda melakukan pengecekan pada kompor anda sebelum memasang atau menggunakan kompor. Jika anda selalu melakukan pengecekan maka anda dapat menghindari hal-hal tersebut. Jadi pengecekan itu sangatlah penting sebelum menggunakannya.

Namun sering kita lupa sebelum menggunakan kita belum melakukan pengecekan, akibatnya kita tidak menyadari bahwa terjadi kesalahan. Baik dari tabungnya, regulatornya maupun kompornya. Untuk itu, kita sering mencium bau gas yang keluar. Ada banyak faktor yang menyebabkan adanya bau gas yang tercium, faktor tersebut antara lain adalah mungkin dari regulatornya, bisa jadi regulatornya mengalami kebocoran atau tidak terpasang dengan benar. Faktor lainnya adalah mungkin saja dari kompornya. Mungkin dalam memasang tabung gas, cara memasang ternayata kompor masih dalam keadaan on, jadi akibatnya gas terbuang dengan sia-sia dan akibatnya terciumnya bau gas. Atau mungkin faktor lainnya yang menyebabkan terciumnya bau gas.

Jika anda mencium bau gas maka anda harus melakukan beberapa langkah untuk menghindari bahaya yang bisa terjadi. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan jika anda mencium bau gas yaitu antara lain :

a. Membuka jendela

Jika anda mencium bau gas di sekitar ruangan anda maka anda harus cepat-cepat membuka jendela. Hal ini dilakukan agar gas yang tadinya keluar dapat pergi keluar jendela, dengan begitu gas yang berada di dalam ruangan tidak akan ada lagi. Jadi ruaangan anda sudah steril lagi dan aman.
b. Matikan kompor, lampu dan sumber air

Jika anda mencium bau gas dalam ruangan anda maka anda segera matikan kompor, lampu dan sumber air yang masih hidup. Karena kompor yang masih menyala dan lampu yang menyala serta sumber air dan berbagai sumber listrik yang menyala dapat memicu terjadinya kebakaran. Oleh karena itu anda harus segera matikan semua sumber yang dapat menyebabkan kebakaran.

c. Lepaskan regulator dari lubang tabung

Jika mencium bau gas maka setelah anda matikan kompornya maka anda harus segera melepas regulator dari lubang tabung gas. Hal ini dilakukan agar katup dalam tabung dapat tertutup secara otomatis.

d. Meminta pertolongan

Jika anda sudah melakukan semua hal tersebut namun anda masih saja mencium bau gas dari ruangan anda maka mintalah pertolongan outlet atau agen dari gas tersebut. Karena biasanya mereka dapat membantu dengan solusi yang mereka berikan. Atau mungkin saja anda masih salah dalam melakukan hal tersebut, jadi gas masih dapat tercium di ruangan anda.

loading...
Bagaimana Jika Bau Gas Tercium? | author | 4.5