Bagaimana Menjalankan Riset Bisnis?

Selama ini Anda mungkin sudah kerap membaca tentang salah satu tahap penting ketika Anda hendak membuka usaha. Yakni tahapan riset bisnis. Hasil dari riset bisnis inilah yang nantinya menjadi dasar Anda dalam menyusun perencanaan usaha baru Anda.
bagaimana menjalankan riset bisnis

Masalahnya yang namanya usaha baru melekat dengan pelaku usaha baru. Pelaku usaha baru ini biasanya sama dengan orang orang yang belum berpengalaman dan kadangkala masih minim pemahaman.

Jadi jangan sering muncul tanda tanya besar disini, bagaimana cara menjalankan riset bisnis? Apa yang harus Anda cari dalam riset bisnis dan apa yang harus Anda lakukan dalam menjalankan riset bisnis? Karena bisa jadi ini adalah riset bisnis pertama Anda.

Nah mungkin beberapa panduan ini bisa menjadi informasi yang bisa membantu Anda dalam menjalankan riset bisnis. Gak pakai basa basi…..Ini dia panduan menjalankan riset bisnis.

  1. Pastikan alasan dan tujuan dari riset bisnis
    Setiap langkah dalam bisnis harus memiliki alasan yang kuat dan bukan sekedar membuang waktu dan tenaga. Jadi pastikan alasan dan tujuan riset, karena ini juga nantinya akan penting ketika Anda akan menjabarkan informasi yang Anda butuhkan.
  2. Kapan keputusan harus Anda ambil
    Waktu adalah uang, itu bukan peribahasa isapan jempol. Dalam usaha setiap detik adalah berharga. Anda harus tau kapan waktu maksimal keputusan yang berdasar informasi dari riset ini harus Anda lakukan. Ini penting untu menentukan time target.
  3. Informasi apa yang Anda cari
    Dari tujuan riset, Anda perlu jabarkan informasi apa saja yang perlu Anda dapatkan dari riset bisnis ini. Berapa banyak data yang Anda butuhkan, apa saja pertanyaan yang perlu terjawab. Informasi yang Anda dapatkan akan signifikan dengan keputusan Anda nantinya. Jadi Anda harus menjabarkan poin ini selengkap mungkin.
  4. Sumber informasi yang paling tepat
    Masalah berikutnya, Anda harus tau kemana Anda bisa mendapatkan jawaban dari pertanyaan Anda. Siapa atau apa yang bisa memberi Anda cukup informasi dalam riset bisnis ini. Anda bisa menemukan sangat banyak opsi. Jadi sesuaikan opsi yang Anda pilih dengan jumlah kelengkapan informasi yang Anda butuhkan
  5. Tentukan opsi cara terbaik dalam mendapat informasi
    terakhir…selain opsi sumber informasi, Anda juga akan menemukan banyak pilihan dalam cara mendapatkan informasi. Jangan gegabah, pilih cara atau opsi yang paling efekif dan efisien. Anda sedang berbisnis, dan disini waktu dan uang Anda sangat berharga. Jadi pertimbangkan sis ini dalam riset bisnis Anda.

Itu tadi beberapa panduan praktis dalam menjalankan riset bisnis. Anda tetap perlu memodifikasinya dengan riset bisnis yang sesuai dengan bisnis yang akan Anda jalankan. Selamat menjalankan riset pertama Anda…


Kata kunci mesin pencari:

riset -
loading...
Bagaimana Menjalankan Riset Bisnis? | LadyNoel | 4.5