Bisa bayar kuliah dari usaha fotografi

Mahasiswa dengan pekerjaan freelance? Sudah biasa. Profesi macam  jaga warnet atau jaga minimarket 24 jam bisa dibilang profesi pasaran buat mahasiswa. Tapi jelas bukan pekerjaan yang bisa buat bayar kuliah. Tapi kalau mahasiswa kerja freelance dan bisa bayar kuliah baru menarik. Usaha fotografi bisa jadi salah satu yang punya potensi sebesar itu.

bisa-bayar-kuliah-dari-usaha-fotografi

Ruslan Jaelani, seorang mahasiswa FISIP UMS bisa jadi salah satu contoh nyata. Berkat keisengannya kini Alan, begitu dia biasa dipanggil justru bisa membayar kuliahnya sendiri. Padahal biaya SPP jurusan Alan mencapai kisaran 3 juta. “ Sudah lama saya ga pernah minta lagi sama orang tua, lumayanlah…” begitu tukas Alan tentu dengan bangganya.

Siapa sangka Alan dan teman-temannya yang iseng membuka booth foto di sebuah acara Jambore Onthel Nasional di kota Sragen justru menjadi pintu gerbangnya memulai usaha fotografi professional. Tingginya animo peserta acara ini membuatnya tertarik untuk menekuni usaha ini lebih lanjut. Terlebih dari booth kecil ini, justru Alan menemukan banyak konsumen potensial. Mereka menjadikan fotografi sebagai usaha bisnis sampingan yang cukup menjanjikan

Kini usaha fotografi Alan memang masih freelance. “ Tapi biar gitu saya serius”, Tegas Alan. Jasa yang ditawarkan Alan adalah foto prewedding dan wedding, pemotretan pribadi dan eventual. Tarif yang Alan kenakan sekitar 1-3 juta untuk pre wedding dan wedding, untuk kebutuhan pribadi mulai dari harga 100 ribu dan untuk acara atau eventual dia kenakan harga mulai dari 300 ribu. Jangan salah biar murah meriah, dalam 1 bulan Alan bisa mengantongi untung bersih minimal 600 ribu.

Alan bahkan semakin penasaran dengan usaha fotografi ini. Dalam waktu dekat Alan berencana membuka sebuah studio foto pribadinya yang akan Alan beri nama Erje. “ Sudah lama sich pengen bukanya, tapi tunggu punya konsumen lumayan dulu sambil ngumpulin modal, mungkin dalam beberapa bulan lagi sudah siap” cerita Alan.

Kini ketika banyak mahasiswa kebingungan akan jadi apa selepas kuliah nanti, jelas Alan sudah punya jawaban pasti akan karier masa depannya. Usaha fotografi yang dia rintis sedari dini, mungkin akan mengantar Alan menjadi sukses.


Kata kunci mesin pencari:

fotografer sambilan mahasiswa - apakah bisa kerja di fhotografer ney - kerja sampingan sebagai fotographer - kerja sebagai fotografer - mahasiswa kerja sampingan fotografer - memulai freelance fotografer - omset freelance fotografer - pekerjaan sampingan menjadi photograper - pekerjaan sampingan menjadi photographer - kerja sampingan fotografi - kerja sampingan fotografer - kerja sambilan mahasiswa sebagai fotografer - harga fotografer kerja lepas - gimana alan kerja biar boleh - fotografer usaha sampingan - bisnis usaha sampingan fotografer keliling - bisnis sampingan fotografi - bagaimana kerja sebagai fotograper - prodesi sampingan sebagai fotograper -
loading...
Bisa bayar kuliah dari usaha fotografi | LadyNoel | 4.5