Bisnis Batik, usaha berlatar belakang budaya Nasional

Bisnis batik boleh jadi adalah sebuah potensi usaha besar saat ini. Sejak batik diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia, sejak konflik pengakuan batik oleh Malaysia, sejak pemerintah mencanangkan hari batik dan sejak hari jumat seolah seluruh Indonesia menjadikan batik sebagai seragam nasional, maka sejak itu batik juga menjadi potensi usaha yang tak terbendung.

bisnis batik, usaha berlatar belakang budaya nasional

Jika dulu batik hanya identic sebagai kain para simbah dipasar, atau kemeja kondangan bapak bapak pejabat, kini batik sudah bergeser menjadi kebanggaan baik tua maupun muda. Indonesia tak lagi beranggapan batik sekedar sebagai bagian dan budaya peninggalan, namun sebuah budaya nasional.

Inilah daya tariknya, kesadaran ini mendorong permintaan akan batik meningkat drastis dalam 10 tahun terakhir.  Terlebih semenjak kini secara tidak resmi muncul kesepakatan mengenai kewajiban berbusana batik setiap hari jumat di berbagai instansi negeri dan swasta.

Namun dengan berkembangnya permintaan tuntutan akan batik yang lebih modern, lebih gaul tampil secara cantik bahkan dalam suasana formil sekalipun ikut muncul kepermukaan. Maka tak heran berbagai inovasi desain busana batik pun bermunculan menjawab tuntutan tersebut.

Tak hanya memperkaya desain busana, para pengusaha juga tak henti untuk terus mengeksploitasi berbagai kekayaan corak dari seluruh Indonesia. Nyatanya corak batik tak hanya terpaku pada corak konvensional seperti parang rusak dan sogan. Beberapa daerah juga memiliki corak khas yang belum tereksplore dengan maksimal.

Kini batik bahkan tak hanya menjadi busana formil, dalam suasana santai sekalipun batik telah mampu beradaptasi menjadi busana casual yang cocok  menemani kegiatan sehari-hari. Sekali lagi berkat berbagai inovasi baik dari sisi model, corak dan bahan batik.

Meskipun batik modern terus berkembang, pasar bagi batik klasik, terutama batik tulis desain klasik yang tetap mempertahankan cara pengerjaan teknik tradisional, tetap memiliki pasar yang cukup luas. Peminat batik klasik ini justru semakin berkembang hingga ke pasar dunia.

Kini kembali pada Anda, type batik apa yang akan Anda kembangkan dalam usaha Anda.?


Kata kunci mesin pencari:

batik budaya indonesia - contoh ide usaha berlatar belakang budaya indonesia - hari batik - kehidupan sehari-hari berlatar belakang budaya -
loading...
Bisnis Batik, usaha berlatar belakang budaya Nasional | LadyNoel | 4.5