Bolu Sukun, Tetep Legit meski Tak Kriuk

Buah sukun adalah salah satu buah yang mudah kita temui. Banyak pegiat UKM menjadikan sukun sebagai bahan dasar pembuatan produknya. Beberapa yang sering kita temui adalah produk-produk keripik sukun. Selain rasanya yang enak sebagai salah satu sumber karbohidrat, buah sukun juga mengandung protein, lemak, vitamin B1, B2, vitamin C, serta mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu sukun juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

bolu sukun

Namun telah banyaknya produsen yang menghasilkan produk kripik sukun menjadikan pemasaran olahan sukun ini menjadi sempit. Perlu dilakukan inovasi-inovasi lain agar olahan sukun kita bisa masuk ke pasar. Mengapa tidak jika kita menggantikan tepung terigu dengan buah sukun? Salah satu inovasi yang bisa kita lakukan adalah seperti membuat bolu dengan bahan dasar sukun. Tentunya akan memberikan citarasa tersendiri dan beda dengan bolu-bolu kebanyakan.

Peluang pemasarannya pun cenderung masih terbuka luas karena masih jarang yang memiliki ide mengolah sukun menjadi bolu. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan mencoba masuk ke dalam persaingan dengan bermodalkan bolu sukun.

Berikut ini resep pembuatan bolu sukun yang bisa kita ikutin tahap demi tahap.

Cara membuat bolu sukun

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 75 gr kelapa muda parut
  • Tepung terigu protein sedang 50 gram
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1 sdt susu bubuk
  • 4 telur ayam
  • 100gr gula pasir
  • 1 sdt SP (gula ester)
  • 50 gr sukun kukun, haluskan
  • Garam secukupnya
  • 100 gr margarin, lelehkan

 

Langhkah-langkah pembuatan:

  1. Untuk langkah yang pertama, silahkan campurkan sukun yang telah dihaluskan dan parutan kelapa hingga merata. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, campur terigu, maizena, garam dan susu bubuk hingga rata, sisihkan.
  3. Langkah ketiga, kocok telur, gula pasir dan SP hingga mengembang dan kental.
  4. Lalu, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk melipat (dari atas ke bawah) hingga semuanya rata.
  5. Selanjutnya, tambahkan campuran kelapa dan sukun yang telah siap, aduk hingga rata. Tuang margarin yang telah dilelehkan dan aduk melipat hingga merata.
  6. Tuang adonan dalam cetakan pai yang sudah diolesi margarin, lakukan berulang hingga adonan habis.
  7. Panggang dalam oven bersuhu 170ºC hingga matang dan kecoklatan selama 20 menit. Angkat, keluarkan dari cetakan dan dinginkan.
  8. Kemudian, atur bolu di atas loyang datar dan panggang kembali dalam oven bersuhu 100 ºC hingga tekstur bolu menjadi kering selama kurang lebih 40 menit.
  9. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  10. Dan kini bolu sukun anda siap dipasarkan.

Tidak begitu sulit bukan? Mari wujudkan go entepreneurship agar Indonesia terus bangkit dan bisa menjadi Negara yang maju.


Kata kunci mesin pencari:

olahan sukun - bolu sukun - resep olahan sukun - resep bolu sukun - olahan buah sukun - cara mengolah sukun yang sudah matang - cara membuat bolu sukun - resep kue sukun - olahan dari sukun - cara mengolah sukun - olahan sukun kukus - cara mengolah buah sukun - olahan sukun matang - cara mengolah sukun yang terlalu matang - resep cake sukun - resep olahan buah sukun - resep bolu sukun kukus - resep olahan sukun matang - cake sukun - kue sukun -
loading...
Bolu Sukun, Tetep Legit meski Tak Kriuk | Danus | 4.5