Budidaya Rumput Gajah, siapa sangka peluangnya besar

Anda tentu tau tanaman liar satu ini? Tapi Jangan coba remehkan tanaman satu ini, mungkin Anda tak menduga kalau budidaya rumput gajah ternyata punya cukup potensi. Tanaman rumput gajah  kini telah menjadi high recommended food untuk ternak pemakan rumput seperti sapi dan kambing.

budidaya rumput gajah, siapa sangka peluangnya besar

Berdasar penelitian ditemukan nilai nutrisi dari rumput gajah cukup tinggi, sehingga efektif untuk penggemukan ternak. Kandungan utama rumput gajah adalah Nitrogen, kalsium, lemak tak jenuh, serat dan tentu saja protein. Kadar masing masing nutrisi pada rumput gajah mampu memenuhi 80 % kebutuhan ternak.

Yang menarik dalam budidaya rumput gajah, Anda tak memerlukan banyak usaha. Karena pada dasarnya rumput gajah adalah rumput biasa yang bisa tumbuh bebas dan liar dimana saja selama tidak pada suhu ekstrim panas atau ekstrim dingin. Budidaya rumput gajah akan optimal pada lahan subur dengan air yang cukup.

Biasanya rumput gajah menjadi tanaman budidaya tumpang sari. Fungsi tanaman ini lebih sebagai tanaman usaha selingan atau tambahan untuk mengisi lahan kosong pada penanaman budidaya tanaman besar seperti budidaya kayu keras. Tanaman seperti jati, sengon atau jabon membutuhkan jarak tanam yang cukup jauh. Lahan kosong antar pohon kerap kali diisi dengan tanaman pendek yang komersial, salah satunya rumput gajah.

Sifat rumput gajah yang mengikat struktur tanah justru membantu proses pertumbuhan tanaman kayu keras. Tanah jadi tidak mudah erosi dan unsur hara lebih terjaga. Tanaman kayu keras muda umumnya sangat rentan terbawa arus erosi tanah, sehingga memerlukan penahan erosi yang efektif. Namun menanam rumput gajah pada saat tanaman kayu keras masih terlalu pendek juga tidak disarankan, karena rumput gajah cukup cepat tinggi dan dapat menghalangu sinar matahari.

Rumput gajah cukup potensial sebagai tanaman komersial. Karena cukup efektif dalam penanaman dan perawatan, rumput gajah termasuk tanaman bandel dan cepat panen. Pasar untuk hasil panen budidaya rumput gajah juga cukup besar. Jadi Tak salah kan jika Saya bilang jangan meremehkan tanaman liar satu ini?


Kata kunci mesin pencari:

budidaya rumput gajah - rumput gajah - cara menanam rumput gajah - bisnis rumput gajah - Budidaya rumput - budi daya rumput gajah - rumput kolonjono - kolonjono - menanam rumput gajah - cara budidaya rumput gajah - Budidaya - cara tanam rumput gajah - budidaya rumput kolonjono - cara menanam kolonjono - Kandungan rumput gajah - cara menanam rumput kolonjono - budidaya kolonjono - tanam rumput gajah - cara tanam kolonjono - fungsi budidaya rumput gajah mini -
loading...
Budidaya Rumput Gajah, siapa sangka peluangnya besar | LadyNoel | 4.5