Cara Membuat Mug Untuk Bisnis

Cara Membuat Mug Untuk BisnisCara Membuat Mug Untuk Bisnis. Peralatan rumah tangga kini tak hanya tampil dengan bentuk yang monoton, namun sudah sangat variatif, dengan model-model baru yang kreatif. Peralatan rumah tangga yang banyak ragamnya, mulai kebutuhan ruang tamu untuk hiasan atau dekorasi, ruang makan, ruang tidur, hingga kamar mandi menciptakan peluang usaha yang cukup cerah. Apalagi bila pelaku usaha mampu menghadirkan desain baru yang menarik, seperti halnya mug kreatif.

Berikut kami hadirkan cara membuat produk peralatan rumah tangga berupa mug untuk dijadikan ladang usaha atau bisnis.

Bahan dan alat :
a. Bahan baku untuk membuat barang keramik (tanah liat)
b. Glasir
c. Cetakan gipsum yang sudah dibentuk mug
d. Penggiling glasir
e. Rak pengering, meja untuk kerja
f. Timba untuk mencelup glasir
g. Pisau dan amplas
h. Oven atau tungku
Cara membuat :

  1. Siapkan bahan baku tanah liat siap pakai yang sudah dihaluskan dan diberi air hingga encer. Lalu tuangkan ke dalam cetakan gipsum yang berfungsi menyerap air, sehingga bahan-bahan dasar keramik dengan sendirinya akan membentuk lapisan yang semakin lama akan semakin tebal.
  2. Setelah dituang, diamkan selama kurang lebih satu jam agar semua lapisan terbentuk sempurna dan tidak rapuh.
  3. Setelah mengering, buka cetakan gipsum tersebut lalu angkatlah bahan-bahan yang tadi dituangkan. Bahan-bahan tersebut telah menjadi sebuah mug namun masih dalam bentuk mentah.
  4. Buang bagian-bagian permukaan yang berlebihan dari mug keramik mentah tersebut dengan memakai pisau. Setelah itu permukaan mug dapat dihaluskan dengan memakai amplas.
  5. Permukaan mug dapat dibuat motif dengan teknik cukil sehingga motif pada permukaan mug tampak timbul.
  6. Siapkan cairan glasir yang berfungsi sebagai lapisan luar dari keramik sehingga nantinya permukaan akan mengkilap. Lapisi seluruh permukaan mug dengan glasir menggunakan kuas. Pada motif bisa diberikan warna glasir berbeda.
  7. Lalu siapkan tungku atau oven untuk mengeringkan bekas cairan glasir sehingga nanti mug sudah mengkilap dan siap digunakan. Apabila tidak mempunyai tungku atau oven, dapat menggunakan panas dari matahari untuk mengeringkannya. Diamkan mug di bawah panas matahari selama kurang lebih 3 jam. Setelah 3 jam, lalu mug dibuat terbalik dan diamkan kembali selama 3 jam. Mug sudah selesai diproduksi dan siap dipakai atau dipasarkan.

Demikianlah telah kami sajikan cara membuat produk peralatan rumah tangga kreatif berupa mug. Semoga bisa menjadi sebuah inspirasi bagi Anda yang ingin membuka usaha mandiri.


Kata kunci mesin pencari:

cara membuat mug keramik - cara membuat gelas keramik - cara membuat cangkir dari tanah liat - Cara membuat mug - cara membuat gelas dari tanah liat - cara pembuatan gelas keramik - cara membuat mug dari tanah liat - cara membuat cangkir - cara buat mug keramik - cara membuat cangkir dari keramik - membuat mug keramik - cara membuat cangkir keramik - cara buat mug - bahan pembuatan cangkir - cara membuat gelas kramik - pembuatan gelas keramik - mengapa keramik digunakan untuk membuat cangkir - membuat gelas keramik - Alat dan bahan pembuatan cangkir - bahan baku pembuatan mug -
loading...
Cara Membuat Mug Untuk Bisnis | mamanmalmsteen | 4.5