Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele

Siapa yang tidak kenal dengan ikan lele? Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki “kumis” yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

Namun tahukah anda bahwa ikan lele ini selain sangat mengiurkan untuk diolah menjadi makana,ikan lele ini memiliki prospek yang bagus untuk dijadikan penghasilan tambahan. Begitu banyak wirausaha yang telah berhasil membudi dayakan ikan lele ini. Kini giliran anda untuk mencoba berbisnis berbahan utama ikan lele. Selain bisa digoreng sebagai ikan santapan, ikan lele ini ternyata bisa anda olah menjadi kerupuk. Yah bisnis kerupuk ikan lele :D. wah membayangkannya saja sudah begitu enak apalagi merasakannya.

bisnis kerupuk ikan lele

Untuk memulai bisnis kerupuk ikan lele ini anda harus menyiapkan bahan bakunya terlebih dahulu, berikut saya bagikan beberapa bahan untuk membuat kerupuk ikan lele :

  1. Daging ikan lele tanpa tulang 500g
  2. Tepung tapioka 500g
  3. Minyak goreng secukupnya
  4. Air 100 ml
  5. Gula secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. Telur bebek 2 butir atau juga bisa menggunakanTelur ayam 2 butir
  8. Plastik pembungkus
  9. Tali karet atau benang

Usahakan bahan-bahan tersebut anda dapatkan masih dalam keadaan baik agar rasa kerupuk ikan lele anda lebih enak. Selanjutnya dibawah ini cara pembuatan kerupuk ikan lele :

  1. Bersihkan ikan lele dari sirip, patil dan isi perutnya lalu cuci bersih.
  2. Kukus ikan lele hingga matang, kemudian dinginkan
  3. Haluskan daging dengan gilingan daging atau tumbuk
  4. Campurkan tepung tapioka dengan air sedikit demi sedikit, lalu masukkan daging ikan lele halus, gula, garam, dan telur bebek.
  5. Aduk dan uleni campuran bahan tersebut hingga kalis.
  6. Masukkan adonan yang telah dibungkus plastik hingga matang lalu angkat dan diinginkan.
  7. Iris tipis adonan yang telah dikukus, lalu jemur hingga kering dengan menggunakan sinar matahari/mesin pengering.
  8. Dan terakhir goreng kerupuk lele yang telah kering dan kemas. Kemudian kerupuk ikan lele anda siap dijual.
  9. Atau anda bisa juga menjual kerupuk ikan lele kering yang belum digoreng, kerupuk ikanlele yang telah kering langsung anda kemas dan siap dijual.

 

Mungkin memang usaha ini membutuhkan waktu anda untuk mengolahnya,jadi usaha ini tidak bisa dilakukan hanya untuk mengisi waktu luang anda,diperlukan keseriusan untuk memulai usaha ini. Untuk memulai usaha kerupuk ikan ini anda tidak membutuhkan karyawan yang banyak, anda hanya perlu satu partner kerja yang bisa membantu anda menjalankan usaha ini. Jadi sistem bagi hasil bisa anda lakukan dengan partner kerja anda, untuk perhitungan dana memulai bisnis kerupuk ikan lele ini sekitar 500 ribu. Murah bukan? Ini bisa lebih murah jika anda mendapatkan ikan lele langsung dari wirausaha pengkembangbiakan lele,jalin kerja sama akan lebih baik.


Kata kunci mesin pencari:

cara membuat kerupuk ikan lele - cara membuat kerupuk lele - kerupuk lele - cara membuat krupuk lele - kerupuk ikan lele - resep kerupuk ikan lele - usaha kerupuk lele - krupuk lele - resep kerupuk lele - resep krupuk lele - cara membuat keripik lele - cara membuat krupuk ikan lele - cara buat kerupuk lele - kripik lele - krupuk ikan lele - keripik lele - Cara membuat kripik lele - membuat kerupuk lele - usaha kerupuk ikan lele - usaha kripik lele -
loading...
Cara Memulai Bisnis Kerupuk Ikan Lele | Danus | 4.5