Cara Memulai Usaha Les Private

Les privat merupakan sebuah kegiatan yang seringkali dilakukan umumnya oleh para pelajar, namun ada juga para orang tua atau orang dewasa lainnya melakukan kegiatan les privat ini. Ada banyak orang yang menggunakan jasa les privat ini untuk kebutuhannya, seperti les privat pelajaran sekolah, kuliah, les privat music, menyanyi, mengaji, dan masih banyak lagi kegiatan les privat lain yang dapat dilakukan.

Peluang usaha les privat yang satu ini memang cukup besar, terlebih saat ini sudah banyak orang ingin menambah keahlian yang dapat digunakan untuk bertahan hidup atau agar lebih memahami pelajaran. Kebanyakan yang seringkali melakukan kegiatan les privat ini adalah para pelajar sekolah, umumnya kebanyakan dari mereka melakukan hal ini atas dasar perintah orang tua agar lebih memahami pelajaran di sekolahnya.

 jasa les private ke rumah

Ilustrasi contoh jasa les private

Jika Anda merupakan seorang yang mampu, Anda juga dapat membuka peluang usaha dan memulai usaha les privat ini. Namun perlu diperhatikan 5 hal berikut ini:

Niat Usaha Les Private

Sebelum memulai usahales privat, hal yang perlu diperhatikan adalah niat usaha. Jika niat Anda kuat dan bukan hanya untuk menghasilkan uang semata, insyaALLAH usaha yang dijalankan akan berjalan dengan mulus dan berkembang serta uang dengan sendirinya akan mengikuti di belakang. Jangan memiliki niat usaha les privat ini hanya untuk menghasilkan uang saja, karena Anda akan terpaku terhadap penghasilan semata sedangkan kualitas belum tentu menyertai.

Skill/Kemampuan

Jika Anda merupakan seorang yang ahli dalam mengajarkan berbagai mata pelajaran, tentu hal ini akan lebih memudahkan dalam mencari orang yang ingin diajarkan les privat oleh Anda. Namun jika Anda hanya ingin berperan sebagai pengelola di tempat usaha les privat ini, tentunya Anda harus mencari orang lain yang mampu mengajarkan pelajaran apapun dengan baik.

Sama seperti ketika kita ingin memulai usaha di bidang yang memerlukan skill lainnya seperti memulai usaha service AC atau memulai usaha service handphone, sebelum memulai usaha les privat, tentukan terlebih dahulu ingin membuka usaha les privat seperti apa. Apakah les privat untuk belajar music, mengajarkan mata pelajaran, les privat menari, menyanyi, atau lainnya. Semakin spesifik jenis usaha les privat yang ingin dikerjakan, maka akan semakin mudah dalam hal pengaturan atau organisasi kegiatan usaha ini.

Lokasi Usaha Les Private

Les privat merupakan les dimana sang guru diharuskan datang ke rumah sang murid, berbeda dengan bimbel yang mengharuskan murid datang ke lokasi Anda untuk belajar. Jadi untuk les privat, sebenarnya tidak memerlukan tempat yang spesifik dan rumah Anda juga sebenarnya dapat dijadikan lokasi untuk menerima permintaan les privat.

Namun jika ingin lebih terorganisir dan memiliki modal yang cukup, Anda dapat menyewa ruko/rukan untuk menerima tamu yang ingin mendaftarkan anaknya di tempat les privat milik Anda. Menyewa tempat atau lokasi usaha tentu memerlukan biaya yang lebih, sebaiknya pertimbangkan dahulu untuk masalah penyewaan tempat ini karena kegiatan usaha dapat dikelola dan dikerjakan di rumah atau kos-kosan.

Perencanaan Usaha Les Private

Lakukan kegiatan perencanaan berbagai hal yang menyangkut usaha les privat ini, dari mulai lokasi, jenis les privat yang akan ditawarkan, nama les privat yang didirikan, karyawan, gaji yang diberikan, harga les, pemilihan karyawan, dan lain sebagainya. Lakukan kegiatan ini dengan serinci mungkin, pilihlah karyawan atau orang yang dapat dipercaya untuk melakukan les privat ini.

Promosi Usaha Les Private

Kegiatan promosi untuk usaha les privat dapat dilakukan melalui media sosial, baik itu melalui penyebaran informasi via whatsapp, line, bbm, membuat blog, atau website dan sebagainya. Jika diperlukan, Anda juga dapat melakukan promosi secara offline dengan menyebarkan brosur atau sejenisnya ke warga setempat atau lokasi lainnya yang memungkinkan.


Kata kunci mesin pencari:

les privat ukm - pinjaman dana ke bri usaha les private - usaha les privat datang ke rumah -
loading...
Cara Memulai Usaha Les Private | Danus | 4.5