Dusun Gempol dan Desa Tamanagung Jadi Sentra Kerajinan Ukir Batu

Sentra Kerajinan Ukir BatuBencana lahar Merapi ternyata mampu mengubah pola pikir masyarakat Kabupaten Magelang yang terkena musibah. Keharusan untuk bangkit setelah keterpurukan akibat bencana rupanya memicu semangat masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi serta menciptakan aneka kerajinan ukir batu berupa cobek, muntu, patung, arca dan ukir batu lainnya. Kini di Dusun Gempol dan Desa Tamanagung, Kecamatan Tamanagung, Magelang, berkembang pesat menjadi sentra kerajinan ukir batu yang mampu menembus pasar global.

Kerajinan pahat batu atau ukir batu banyak dilakukan penduduk Dusun Gempol dan Desa Tamanagung, Kabupaten Magelang. Kerajinan ini menggunakan bahan baku dengan jenis batu andesit dan batu putih yang didapat dari Kabupaten Kulon Progo. Para pengrajin ukir batu Magelang menghasilkan hingga 10 jenis produk dalam satu bulan. Kapasitas produksi tersebut tentunya diimbangi dengan menghabiskan minimal 1 ton bongkah batu tiap tahun.

Seni ukir batu yang dikembangkan para pengrajin berupa patung, stupa maupun hiasan taman. Para pengrajin ukir batu yang berada di kedua sentra ini memiliki inovasi dan kreasi yang cukup tinggi sehingga mampu membuat aneka hiasan dari batu seperti air mancur dengan ornamen bunga yang penuh relief bunga, ornamen kendi dan sebagainya. Seni batu ukir di kawasan ini telah lama berkembang sejak berabad-abad lalu, namun sempat vakum saat terjadi banjir lahar dingin beberapa waktu lalu.

Produk ukiran batu dari para pengrajin di Kabupaten Magelang ini jauh lebih murah bila dibandingkan dengan produk ukiran batu dari kabupaten lain seperti Majalengka maupun Mojokerto. Mulai dari harga Rp 100 ribu hingga Rp 15 juta. Tak hanya itu, produk ukir batu Kabupaten Magelang juga dapat dipesan baik bentuk maupun ukurannya, namun para pengrajin mematok minimal pemesanan senilai Rp 10 juta untuk 1 desain khusus. Biasanya pesanan di atas nilai Rp 10 juta sudah termasuk biaya pengiriman produk dan instalasi atau pemasangan.

Produk ukir batu ini tak hanya dikenal di dalam negeri. Pemasarannya sudah menjangkau wilayah negara di Benua Eropa, Amerika Serikat dan Asia. Pemasaran di dalam dan luar negeri, biasanya melalui event pameran di sejumlah kota, baik Jawa Tengah hingga ke Jakarta.

Bagi konsumen yang ingin mendapatkan produk ukir batu khas Kabupaten Magelang, bisa mendatangi langsung para pengrajin atau menghubungi melalui telepon. Ongkos pengiriman untuk pemesanan wilayah Jawa Tengah biasanya tidak terlalu dipermasalahkan, namun untuk wilayah di luar Jawa Tengah biaya pengiriman ditentukan sesuai dengan kesepakatan.

Info lebih lanjut :

  • Java Art Galeri : Keprekan 28/30, RT 03/03, DesaBojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang Telp (0293) 782251
  • Sembodo Art : Jalan Magelang – Jogja KM 10, Magelang Telp (0293) 586691, 085729063943
  • Family Art : Blangkunan Selatan, Pabelan, Magelang Telp. 081804202529

Kata kunci mesin pencari:

daerah pengrajin gips - seni ukir gypsum - kerajinan gypsum - ukiran gypsum - kerajinan gypsum di jogja - kerajinan dari gypsum - ukir batu magelang - usaha ukir batu - daerah perajin ukir batu - daerah pengrajin ukir batu - ukiran dari gypsum - gypsum ukir - daerah penghasil hiasan cobek - kerajinan dari batu dengan teknik ukir - pengrajin gypsum - daerah sentra gips - pengrajin pengukir batu - pengrajin patung di Magelang - daerah penghasil kerajinan gips - ornamen gypsum -
loading...
Dusun Gempol dan Desa Tamanagung Jadi Sentra Kerajinan Ukir Batu | mamanmalmsteen | 4.5