E-ticket TransJakarta

Mungkin belum banyak dari kita yang mengenal apa itu E-money ? E-money merupakan electronic money. Di mana e-money ini juga berfungsi sebagai alat pembayaran. E-money ini juga memiliki nilai sebagaimana uang kertas atau pun uang logam yang beredar di Indonesia. E-money berupa sebuah kartu, seperti kartu ATM yang kita miliki.

Di negara-negara lain, penggunaan e-money sudah berkembang dengan pesat. Negara tetangga kita Singapura misalnya, mereka sudah menerapkan e-money untuk pembayaran moda tranportasi seperti bus dan subway. Dengan sejumlah saldo minimal yang harus ada dalam kartu tersebut, pemilik kartu tersebut sudah bisa menggunakannya. Jika saldo habis, maka bisa dilakukan pengisian ulang di tempat-tempat yang telah ditentukan.

Penggunaan e-money di Indonesia sendiri sudah mulai meningkat secara signifikan. Contohnya BCA, dengan Flazz-nya, mereka memanjakan nasabah-nasabahnya untuk menikmati layanan e-money di merchant-merchant. Apalagi banyak penawaran-penawaran berupa promo yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara. Bank Mandiri pun tak kalah ketinggalan, dengan e-toll card-nya mereka memberikan kemudahan buat para pengendara mobil untuk melakukan pembayaran toll cukup dengan e-toll tersebut. Dan yang baru-baru ini juga sedang gencar-gencarnya memasarkan e-money adalah Bank BRI, dengan produk Brizzi-nya, BRI ingin memberikan fasilitas yang sama seperti yang ditawarkan oleh Bank-Bank lain.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 Tentang Uang Elektronik (Electronic money), disebutkan bahwa uang elektronik adalah alat pembayaran yang memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kartu kepada penerbit;
  2. Nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau chip;
  3. Digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut, dan
  4. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Berita yang sangat menggembirakan baru-baru ini, akhirnya Pemerintah DKI Jakarta menggandeng 5 bank untuk menggarap e-ticket TransJakarta. Selama ini warga ibukota harus terlebih dahulu membayar sejumlah uang untuk memperoleh tiket bus TransJakarta tersebut. Pemerintah DKI melakukan kerja sama dengan Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BCA, serta Bank DKI untuk memberikan layanan istimewa bagi masyarakat yang akan memberikan kemudahan dalam memperoleh tiket bus TransJakarta.

Acara peresmian dilakukan pada hari Selasa, 22 Januari 2012, bertempat di Lapangan Monas Jakarta. Kerja sama ini merupakan bentuk implementasi dari kebijakan satu jenis kartu untuk penggunaan semua moda transportasi di Ibukota. Pemerintah DKI berharap, dengan adanya e-ticket ini, akan menurunkan antrean panjang yang selama ini terjadi di loket pembellian tiket. Untuk mendukung kebijakan ini, Pemerintah DKI juga telah menambah bus dan mengganti bus yang sudah tidak layak beroperasi lagi.


Kata kunci mesin pencari:

cara mendapatkan kartu BRIZZI - cara bikin kartu brizzi - Cara membuat BRIZZI - cara membuat kartu brizzi - cara bikin brizzi - cara membuat kartu brizzi bri - cara mendapatkan brizzi - cara bikin kartu busway - bikin brizzi - cara cek saldo kartu brizzi - cara cek saldo flazz bca transjakarta - cek saldo kartu brizzi - cara mendapat kan card brizzi - cara membuat bri brizzi - cara buat kartu brizzi - Syarat mendapatkan brizzi - brizzi cara membuat - brizzi cara dapat - www cara dapat tiket brizzi bri - bikin brizii -

Leave a Reply