Hindari 8 Hal Ini Agar Konsumen Tidak Kecewa

Sebagai seorang wirausaha atau enterpreneur kita harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen kita. Agar konsumen kita puas dengan pelayan yang kita berikan. Jangan sampai kita membuat konsumen kita merasa kurang puas atau kecewa dengan pelayaanan yang kita berikan. Karena konsumen sangatlah berpengaruh penting dalam usaha atau bisnis kita. Tanpa adanya konsumen maka tentu saja usaha atau bisnis kita tidak akan bisa berjalan dengan baik dan lancar maka kita harus mampu memberikan pelayanan terbaik untuk konusmen kita. Namun biasanya tanpa kita sadari terkadang kita membuat kosumen kecewa. Hal ini sering sekali terjadi pada seorang diri wirausaha atau enterpreneur. Untuk itu kita harus menghindari hal tersebut.

Ada banyak hal yang membuat konsumen kita kecewa dengan kita, salah satunya adalah tidak keramahan kita dengan konsumen. Hal ini akan membuat konsumen marasa kurang puas bahkan bisa merasa kecewa dengan sikap kita tersebut. Selain itu masih banyak sikap yang membuat konsumen kita kecewa dengan kita. Untuk itu ada beberapa hal yang harus anda hindari. Ada 8 hal yang harus anda hindari agar konsumen tidak kecewa dengan kita, sikap yang tidak boleh kita miliki agar konsumen tidak kecewa yaitu ada 8. 8 hal tersebut adalah antara lain :

1. Menipu

Dalam usaha atau bisnis yang kita jalani, kita tidak boleh melakukan penipuan pada konsumen kita. Karena hal ini merupakan salah satu kekecewaan konsumen pada kita. Bahkan ini merupakan kekecewaan terbesar bagi konsumen kita. Jadi untuk melakukan suatu usaha atau bisnis jangan sampai kita melakukan penipuan. Lakukanlah dengan jujur dan dengan cara yang baik dan benar, agar konsumen kita senang dengan usaha atau bisnis serta puas dengan pelayanan kita.

2. Cuek

Sikap pada konsumen itu juga sangatlah penting. Dalam hal sikap kita tidak boleh cuek dengan konsumen, yang dimaksud cuek dalam hal ini adalah kita tidak memberikan senyum kepada konsumen, tidak menyapa dan tidak fast respon terhadap konsumen. Dalam hal ini, konsumen akan merasa kecewa dengan kita. Jadi kita harus lebih peka terhadap konsumen, bahkan tidak hanya kepada konsumen namun terhadap semua disekitar kita.

3. Ceroboh

Ceroboh juga akan membuat konsumen kita merasa kecewa. Coba bayangkan, jika usaha anda adalah rumah makan. Karena dalam waktu memasak anda lupa memasukkan garam atau penyedap rasa, maka makanan anda tersebut tidak enak. Maka hal ini konsumen akan merasa kecewa dengan masakan anda. Karena konsumen pasti berharap makanan yang dibeli itu enak namun justru kebalikannya. Maka dari itu kecerobohan harus kita hindarkan, agar tidak menimbulkan kekecewaan pada konsumen.

4. Slow respon

Saat konsumen ingin mendapatkan atau mengatahui sesuatu tentang usaha atau bisnis kita, maka kita harus memberikan respon yang cepat. Jangan berikan respon yang lama atau lambat, karena hal ini juga akan membuat konsumen kecewa dengan kita.

5. Ketidakcocokan

Dalam melakukan suatu bisnis atau usaha maka kita harus menjual barang atau sesuatu yang baik dan bagus untuk dijual. Jika seandainya kita menjual baju bekas, maka tentu harganya jauh lebih murah. Namun disitu anda justru menjual dengan harga sama dengan yang baru, tentu hal ini tidak cocok sekali dengan barang serta harga yang anda tentukan. Dalam hal ini konsumen anda akan merasa kecewa dengan anda.

6. Marah

Terkadang memang ada konsumen yang membuat kita marah, namun dalam hal ini kita tidak boleh marah begitu saja. Sikap kita haruslah tetap baik dengan konsumen, dalam hal ini kita dituntut untuk bersabar. Memang mungkin terlihat sulit tapi jika kita marah maka konsumen kita akan kecewa dengan kita bahkan juga akan membenci kita dan akibatnya bisa menghilangkan satu pelanggan. Untuk menghindari hal tersebut, maka bersabar adalah jalan yang tepat.

7. Tidak adil

Sikap tidak adil juga akan membuat konsumen kita merasa kecewa. Misalnya ada pembeli yang kaya dan terlihat modis, dan disisi lain ada pembeli yang sederhana dan berpenampilan sederhana pula. Dalam hal ini kita memproritaskan orang kaya tersebut dari pada orang sederhana tadi. Dalam hal ini kita tidak boleh bersikap seperti ini, karena ini merupakan sikap yang tidak adil.

8. Bersikap kaku

Pada pelanggan kita tidak boleh bersikap kaku, kita harus bisa welcome kepada konsumen kita agar konsumen kita tidak kecewa dengan kita.

loading...
Hindari 8 Hal Ini Agar Konsumen Tidak Kecewa | author | 4.5