Kascing, Kotoran Cacing yang Menjanjikan

Jika kita berbicara terkait cacing, pastilah yang terbayang adalah seuatu hal yang menjijikkan. Tetapi ternyata, di balik itu semua ada sebuah peluang bisnis yang cukup menggiurkan ketika anda mau melihat dan meraba peluang bisnis ini. Selain cacing yang berpeluang bisnis, sesungguhnya potensi yang lebih besar ada pada kotoran cacingnya atau kascing.

usaha kascing

Kascing adalah sebuah pupuk organik yang sangat bagus untuk tanaman. Berdasarkan uji laboratorium, kascing ini memiliki kandungan zat hara yang lebih banyak, seperti nitrogen 1,79%, kalium 1,79%, fosfat 0,85%, kalsium 30,52%, dan karbon 27,13%. Kandungan ini sangat efektif untuk menggemburkan tanah dan membuat tanaman menjadi cukup subur, bila dibandingka dengan kandungan pada pupuk kimia.

Namun, memang dalam memproduksi kascing ini susah susah gampang. Ada sebagian orang yang cukup mudah dan bisa sukses dalam mengembangkan usaha kascing ini, namun tidak sedikit pula orang yang mengawali kegagalan. Namun prospek usaha ini sangatlah besar dan menjanjikan. Cacing yang biasa digunakan adalah Lumbricus rubellus yang ketika dewasa bisa menghasilkan sekitar 5-15 kokon dalam waktu 35 hari. Dan sebuah kokon bisa menghasilkan sekitar 15 cacing. Perkembangan cacing ini sangat cepat, dan bisa naik menjadi berkali lipat dari produksi awal hingga masa 3 bulan.

Untuk membuat kascing ini, ada baiknya anda mmebuat lantai semem dengan ukuran 5 m x 1,5 m x 0,15 m untuk hamparan cacingnya. Kemuidan untuk dindingnya bisa memakai dinding bambu ahar sirkulasi udara lancar, dan juga untuk menjaga kelembapan. Untuk medianya, anda bisa menggunakan kotoran sapi yang hanya memakan rumput saja. Hindarilah memakai kotoran sapi yang memakan makanan yang mengandung bahan kimia, sebab bisa menyebabkan kematian pada caacing anda, yang artinya usaha kascing anda akan merugi. Hindari pula kotoran kambing, sebab permukaannya berminyak, dan kotoran kuda karena sifatnya yang panas.

Anda bisa memanen kascing ini setiap 2 pekan sekali, dan anda bisa menambahkan media kotorannya lagi. Tanda kotoran cacaing atau kascing sudah siap dikemas sebagai pupuk adalah kotoran sapi tersebut, sudah menjadi seperti remahan halus yang tak berbau seperti tanah. Dan dipasaran anda bisa menjual kascing ini dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per kilogramnya, tegrantung kualitas dan kandungan air di dalamnya.


Kata kunci mesin pencari:

harga pupuk kascing - harga kascing - kascing - cara buat pupuk kascing - harga kascing 2015 - pupuk kascing - cara membuat kascing cair - harga pupuk kascing 2014 - pupuk kotoran cacing - cara membuat pupuk kascing cair - cara membuat pupuk kascing - harga pupuk kascing 2015 - harga cascing - cara memanen kascing - cara membuat kascing - bisnis kascing - cara membuat pupuk kascing dari kotoran sapi - usaha kascing - harga kascing 2014 - cascing -
loading...
Kascing, Kotoran Cacing yang Menjanjikan | Danus | 4.5