Kiat dalam menjalankan manajemen gudang

Manajemen gudang adalah sebuah hal krusial dalam sebuah usaha. Meski sebenarnya manajemen gudang yang tepat bukan sebuah hal yang sulit dan berat, namun tak sedikit pemilik usaha yang justru menemukan kesulitan dalam menjalankan manajemen gudang yang tepat.

kiat-dalam-menjalankan-manajemen-gudangTak semua usaha memerlukan manajemen gudang, karena memang tak semua usaha berkaitan dengan stok barang. Tapi bagi usaha yang memiliki stok gudang, keberadaan manajemen gudang yang tepat menjadi sebuah keharusan. Karena tanpa manajemen gudang yang tepat, perusahaan bisa mengalami kerugian dalam jumlah besar.

Kerugian terjadi ketika system dalam penyimpanan barang dan sistem keluar masuk barang tak terkontrol dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan keamanan barang dalam gudang tak terjaga.

Paling buruk lagi jika perputaran barang di gudang tak terawasi dengan maksimal. Untuk itu Anda memerlukan manajemen gudang, yakni sebuah system yang dapat mengoptimalkan pengawasan dalam gudang.

Secara umum gudang bisa terbagi dalam gudang bahan baku dan gudang barang jadi. Pada dasarnya system manajemen gudang dapat Anda gambarkan sebagai berikut :

  1. Pendataan dan pengaturan masuknya barang dalam gudang
  2. Sistem pengaturan barang dalam gudang
  3. Pendataan dan pengaturan keluarnya barang dalam gudang.

Untuk menjalankan manajemen gudang secara spesifik, Anda perlu memahami pula secara spesifik karakter dari barang yang disimpan dalam gudang. Hal penting lain adalah memahami system produksi (untuk gudang bahan baku )dan penjualan ( untuk gudang barang jadi )Anda.

Berikut ini adalah beberapa kiat dalam mengoptimalkan manajemen gudang :

  1. Lakukan pencatatan secara tertib setiap barang atau bahan yang masuk gudang, baik sumber barang, tanggal masuk, masa kadaluarsa hingga lokasi penyimpanan.
  2. Lakukan pula pencatatan pula untuk setiap barang atau bahan yang keluar.
  3. Jika barang yang disimpan memiliki masa kadaluarsa, maka pastikan barang yang lebih dulu masuk juga akan menjadi barang yang lebih dulu keluar.
  4. Jika ada barang yang lebih sering terpakai atau terjual, letakan barang ini ditempat yang lebih mudah terjangkau untuk efektifitas.
  5. Buat system otorisasi sehingga setiap barang yang masuk maupun keluar selalu terkontrol dan terdata, tapi pastikan system ini tidak justru menjadi pemicu ketidak efektifan.
  6. Pihak gudang harus selalu menjaga kebersihan gudang, karena gudang yang kotor bisa mengundang beberapa masalah baru seperti tikus dan rayap.
  7. Pastikan pihak gudang memahami setiap barang yang masuk dan cara memperlakukannya, manajemen gudang juga memiliki tujuan menjaga barang dalam gudang untuk selalu dalam kondisi baik.

Kata kunci mesin pencari:

manajemen gudang - manajemen gudang yang baik - management gudang - manajemen pergudangan - sistem pergudangan yang baik - contoh manajemen gudang yang baik - system management gudang - sistem keamanan gudang - Cara menjaga gudang - manajemen gudang bahan baku - menjaga kebersihan gudang - cara merawat atau menjaga barang di gudang - manajemen yang berkaitan dengan pengelolaan gudang - mengelola keamanan gudang - langkah langkah untuk meningkatkan keamanan gudang - pengelolaan gudang yang baik - cara menjaga kebersihan gudang - manajemen gudang barang jadi - menjaga barang dgudang - memelihara gudang adalah -
loading...
Kiat dalam menjalankan manajemen gudang | LadyNoel | 4.5