Korean WAVE

Dahulu Korea merupakan sebuah negara bekas jajahan sama seperti Indonesia. Negara Korea berbentuk semenanjung. Akan tetapi karena terdapat perbedaan kesepahaman di antara bangsa Korea, maka Korea pun terpecah menjadi 2 negara, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan. Pasca penjajahan, Korea Selatan bangkit dari keterpurukannya. Perekonomian Korea Selatan bahkan melejit dengan pesatnya meninggalkan Jepang yang sebelumnya menjadi jawara Asia. Meskipun Korea Selatan muncul sebagai kekuatan perekonomian baru di Asia, Korea Utara sama sekali tidak mampu menunjukkan daya saingnya dalam membangun perekonomian, negara ini masih sangat bergantung pada dukungan dari negara lain.

            Tidak banyak yang mengenal Korea Selatan pada masa itu, tapi kini? Siapa yang tidak kenal dengan produk-produk seperti LG, Samsung, Hyundai, Kia dan beragam produk elektronik lainnya yang membanjiri tanah air, bersaing dengan produk-produk dari Jepang dan negara lain. Masyarakat Indonesia pertama kali mengenal tentang Korea dari datangnya drama-drama romansa Korea. Seperti yang tidak asing lagi di telinga kita “Winter Sonata”. Setelahnya beragam jenis drama pun mulai membuat jutaan pasang mata di tanah air jatuh ta akan alur cerita yang disajikan dalam drama tersebut. Apalagi tentang tema percintaan yang sangat diidolakan kalangan remaja puteri Indonesia.

            Karakteristik orang Korea Selatan adalah tipe orang yang serius, cekatan, dan sangat bersemangat. Penulis sempat menghabiskan beberapa waktu di Suwon, salah satu kota yang dapat ditempuh kurang lebih 1 jam dari Seoul, Ibukota Korea Selatan. Mahasiswa-mahasiswa di saya hendak berbicara dengan teman saya, ada yang memperingatkan saya untuk tidak menimbulkan suara berisik.na sangat tekun belajar, bahkan perpustkaan yang jika di Indonesia menjadi pilihan terakhir sebagai tempat untuk menghabiskan waktu, justru oleh Mahasiswa/i disana menjadi tempat idola mereka. Ruangan belajar penuh, tak ada meja tersisa. Bahkan ketika sa

Selain itu juga, orang Korea Selatan tidak suka mengulur-ulur waktu. Waktu makan saja dipersingkat, mengejar melakukan aktivitas lain yang lebih berguna. Bahkan saya sampai terheran, bagaimana nasib makanan yang baru saja saya makan, jika kemudian harus berlari mengejar mata kuliah yang lain. Tapi begitulah sepenggal kisah pengalaman saya ketika berinteraksi dengan orang setempat. Negara ini begitu nyaman bagi warga negaranya serta para turis dari mancangera. Walaupun sempat dihantui oleh Flu Babi yang merebak, negara tersebut mampu memberikan jaminan perlindungan kesehatan bagi warga negara dan pendatang. Moda transportasi di negara ini begitu terstruktur. Jadwal bus datang sesuai waktu yang tertera di monitor. Subway melaju dengan kapasitas yang maksimal tanpa harus berdesak-desakan di dalamnya.

Saat ini negara Korea Selatan tidak hanya menjadi pusat perhatian dunia karena melonjaknya pertumbuhan penjualan Samsung di seluruh dunia, yang bahkan telah membeli Nokia yang sempat menjadi kampiun pada masanya. Tapi belakangan K-POP alias Korean Pop justru semakin mengguncang seluruh dunia. Siapa yang tak kenal Girl’s Generation, Super Junior, BigBang, serta sederet girlband dan boyband dari negara ginseng tersebut merebut hati para penggemarnya di mancanegara. Sungguh merupakan sebuah kesuksesan yang luar biasa.

            Merebaknya industri kreatif Korea di berbagai negara merupakan hasil kerja keras Pemerintahannya selama ini. Pemerintah Korea secara aktif dan terpusat mengembangkan budaya pop mereka dari sekitar 20 tahun yang lalu, tepatnya sejak mantan Presiden Korea Selatan Kim Young-Sam mendeklarasikan globalisasi sebagai visi nasional dan strategi pembangunan pada tahun 1994 silam (Marketeers Juli 2012). Tentunya Indonesia juga dapat belajar dari negara ini dalam merumuskan visi bangsa yang mampu membangun kesejahteraan bersama seluruh rakyatnya. Apalagi bangsa Indonesia memiliki kekayaan kebudayaan dan keindahan alam yang beragam.


Kata kunci mesin pencari:

korea bekas jajahan - korea selatan bekas jajahan - Korea adalah bekas jajahan negara - Korea selatan negara jajahan? - korsel bekas jajahan negara - korea selatan bekas jajahan negara apa? - korea sempat di jajahan negara - korea selatan merupan jajahan bekas - korea selatan bekas jajahan negara mana? - korea selatan bekas jajahan negara mana - negara korea merupakan bekas jajahan siapa - korea selatan bekas jajahan mna - korea negara bekas jajahan - korea merupakan negara jajahan - korea jajahan - korea brkas jajahan - korea bekas jajahan negara apa - korea bekas jajahan negara - korea bekas jajahan dari negara - peluang korean waves -
loading...
Korean WAVE | GOS | 4.5