Kredit Usaha Rakyat sebagai Penopang Usaha Kecil

Kredit Usaha Rakyat sebagai Penopang Usaha Kecil. Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan negara mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat besar dalam mengemban amanah yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, salah satunya dalam hal memajukan kesejahteraan umum. Dengan kondisi geografis yang adalah sebuah negara kepulauan dengan karakteristik suku bangsa yang beraneka ragam, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah untuk memberikan dukungan bagi warga negaranya dalam mencapai kesejahteraan.

Ada banyak program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan kesejahteraan warga negaranya. Salah satunya dengan jalan mendukung pertumbuhan sektor ekonomi usaha mikro. Usaha mikro merupakan usaha produktif milik perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kriteria usaha mikro yang diatur dalam undang-undang di atas, dijabarkan dalam Pasal ke-5, yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; atau
  2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah).

Adapun karakteristik dari usaha mikrokredit usaha rakyat itu sendiri adalah usaha yang belum bankable. Maksud dari belum bankable di sini adalah bahwa usaha mikro ini dianggap belum layak untuk diberikan fasilitas permodalan dari pihak perbankan. Padahal, dalam memulai suatu usaha, aspek permodalan merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan usaha itu akan berkembang atau tidak. Sehingga salah satu hal utama yang sering menghambat berkembangnya usaha mikro di Indonesia adalah dukungan permodalan dari industri perbankan. Setiap hari, di sekeliling kita, tak dapat kita pungkiri bahwa dapat kita jumpai banyak pengusaha-pengusaha mikro yang sedang berjuang mengembangkan usaha mereka, seperti pedagang-pedagang sayur di pasar tradisional, pedagang yang menjual makanan dengan gerobak (bakso, siomay, gorengan dll), dan jenis usaha mikro lainnya.

Setelah melewati berbagai kajian dan pertimbangan, akhirnya Pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait pemberian fasilitas pinjaman untuk pengusaha mikro Indonesia. Fasilitas pinjaman bagi pengusaha mikro ini dinamakan Kredit Usaha Rakyat. Adapun untuk mendukung program ini Pemerintah menggandeng kalangan industri perbankan baik Bank-Bank Pemerintah maupun swasta. Salah satu Bank milik Pemerintah yang ikut mengemban misi untuk mengembangkan usaha pengusaha mikro di Indonesia adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Bank yang memang fokus dalam memberikan permodalan bagi kalangan mikro menyambut dengan positif kebijakan fasilitas yang didukung oleh Pemerintah ini. Dengan dukungan jaringan kerja yang tersebear di seluruh Indonesia, BRI mampu memberikan kontribusi yang signifikan.

Kredit Usaha Rakyat merupakan kredit yang diberikan baik dalam bentuk kredit modal kerja atau kredit investasi kepada usaha mikro yang memiliki usaha produktif yang akan mendapat penjaminan dari Perusahaan Penjamin. Plafond maksimal yang dapat diberikan adalah sampai dengan Rp. 20 juta dengan suku bunga efektif maksimal 22% per tahun. Adapun untuk jangka waktu kredit modal kerja (maksimal 3 tahun), sedangkan kredit investasi (maksimal 5 tahun).

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengusaha mikro untuk mendapat fasilitas KUR Mikro dari Bank Rakyat Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Calon debitur adalah individu yang melakukan usaha produktif yang layak;
  2. Memiliki legalitas yang lengkap (KTP/SIM, KK) , dan
  3. Lama usaha minimal telah berjalan selama 6 bulan.

Kata kunci mesin pencari:

cara mendapatkan kredit usaha rakyat - cara mendapatkan kur - pinjaman modal usaha dari pemerintah - karakteristik pinjaman pengusaha kecil - karakteristik pinjaman untuk pengusaha kecil - pinjaman untuk pedagang - pinjaman uang untuk pedagang - fasilitas dari pemerintah untuk pengusaha kecil - Kredit untuk usaha kecil dinamakan - syarat untuk mendapatkan kredit investasi kecil - pinjaman untuk pedagang kecil - pinjaman dana untuk pedagang - syarat syarat untuk mendapatkan kredit investasi kecil - kredit untuk pedagang kecil - karakteristik kredit usaha kecil - pinjaman uang bagi pedagang - kur untuk pedagang kecil - pinjaman buat pedagang - Pinjaman Dana pedagang - pinjaman buat pedagang kecil -
loading...
Kredit Usaha Rakyat sebagai Penopang Usaha Kecil | Danus | 4.5