Memilih bibit ayam kampung yang unggul

memilih bibit ayam kampung yang unggulUntuk memulai bisnis peternakan ayam kampung ada beberapa hal yang perlu anda lakukan secara seksama, salah satunya adalah memilih Bibit ayam kampung.

Jika anda sembarangan memilih bibit, alih alih anda bsa untung besar, anda justru bisa rugi besar.

Karenanya melalui artikel ini kita akan mencoba berbagai informasi mengenai bibit ayam kampung spesial untuk anda yang berniat memulai bisnis ternak ayam kampung

Bibit ayam kampung biasa disebut dengan istilah anakan atau DOC ayam kampung. Dari bibit ayam kampung yang unggul merupakan sebuah start tepat untuk mendapatkan hasil panen yang sukses.

Meski pasal bibit bukan satu satunya unsur penentu keberhasilan bisnis ternak anda, point point  seperti pakan, vaksin, lingkungan kandang dan lain sebagainya,juga merupakan hal yang harus anda perhatikan dengan intensif.

Ciri ciri bibit ayam kampung unggul

Begitu banyaknya ketersediaan bibit ayam kampung dipasaran meletakkan anda pada posisi waspada dan hati hati dalam memilih bibit ayam kampung.  Anda perlu memahami ciri ciri dari bibit ayam kampung unggulan supaya anda tidak mudah tertipu.

Untuk itu kali ini kita coba menggambarkan ciri ciri dari bibit ayam kampung unggulan :

  1. Bentuk tubuh DOC utuh dan tidak sakit, cacat atau pincang
  2. Tubuh terlihat gempal, anda bisa merasakan massa otot pada saat memegangnya, daging terasa bingkas jika anda tekan
  3. Posisi berdiri terlihat kokoh dan kuat
  4. Kondisi bulu yang mulus,  halus dan mengkilat
  5. Bola mata bersih, cerah dan tidak ada selaput
  6. Tubuh gesil, gerakan tidak lamaban, bahkan biasanya bibit ayam kampung ini sulit untuk anda tangkap dan justru meronta ketika dalam pegangan.
  7. Kulit kaki tidak pucat dan tidak tampak adanya lebam
  8. Paruh terlihat kuat dan cukup tajam
  9. Jarak ujung tulang dada dengan daerah dubur sekitar 3 jari tangan

Dengan memahami ciri ciri bibit ayam kampung anda akan lebih mudah menemukan bibit unggulan.  Secara umum ciri ciri diatas bisa menjadi standar bagi anda dalam memilih bibit ayam, namun dalam beberapa kasus hal ini bisa sedikit berubah sesuai jenis ayam, seperti ayam cemani yang tentu punya karakter bibit ayam kampung sedikit berbeda dari bibit biasa.


Kata kunci mesin pencari:

bibit ayam kampung - Bibit unggul ayam kampung - ayam kampung unggulan - ayam kampung bibit unggul - bibit ayam kampung unggul - cara memilih bibit ayam kampung - pembibitan ayam kampung - ayam jawa alus - bibit ayam unggul - Ciri Ayam kampung unggul - ayam jowo alus - cara memilih bibit unggul ayam - ciri bibit anak ayam unggul - ciri ciri ayam kampung unggul - bibit ayam unggulan - Ciri bibit unggul ayam kampung - cara membibit ayam kampung unggul - doc ayam kampung unggulan - ciri ayam kampung - cara mendapatkan bibit ayam kampung yang unggul -
Memilih bibit ayam kampung yang unggul was last modified: March 9th, 2013 by LadyNoel