Memulai Bisnis Budidaya Jamur

Jamur yang memang memmpunyai rasa yang enak dan juga sehat telah menjadi makanan favorit masyarakat sejak jaman dulu. Karena dulu mayoritas penduduknya adalah petani, maka mereka banyak menjari jamur-jamur di sela-sela jerami yang sudah mulai membusuk yang bisa didapatkan setelah musim panen tiba. Tapi seiring dengan meningkatnya ilmu pengetahuan, jamur telah dikembangkan melalui media budidaya jamur sehingga jamur bisa dikonsumsi kapanpun dibutuhkan.

Sistem budidaya jamur saat ini juga telah banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat dan mendapatkan respon yang positif. Ini artinya memulai bisnis budidaya jamur juga bisa menjadi lahan bisnis UKM yang cukup menjanjikan. Karena jamur merupakan makanan yang aman dan baik untuk kesehatan, jamur juga memiliki pangsa pasar yang luas sehingga potensi penghasilan juga akan lebih banyak. Selain itu, pengembangan budidaya jamur dengan berbagai jenis jamur seperti kuping, merang, jamur tiram dan lain-lain maka peluang untuk meningkatkan penghasilan juga semakin bagus.

bisnis jamur

Memulai bisnis budidaya jamur ini bukan hanya mereka yang dari sarjana  pertanian saja, tapi kesempatan  untuk menjalankan bisnis ini selama anda mau belajar karena bisnis budidaya jamur ini termasuk salah satu ukm yang bisa ditekuni oleh pebisnis baru sekalipun. Pada dasarnya bisnis apapun yang anda kehendaki bisa  anda lakukan selama anda yakin anda bisa yang tentunya harus sesuai dengan potensi yang anda dalam diri anda. Untuk calon pengusaha baru, memang seringkali tidak percaya diri untuk memulai suatu bisnis. Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi tapi harus segera mendapatkan solusi.

Berikut ini adalah tips untuk memulai bisnis UKM melalui budidaya jamur

1.  Mengikuti pelatihan budidaya jamur

Banyak dari para pebisnis jamur yang sudah berpengalaman juga membuka usaha lain dibidang yang sama yaitu pelatihan untuk membudidayakan jamur. Anda bise berkonsultasi melalui forum ini sampai anda benar-benar mengerti.

2.  Mengamati tingkat kebutuhan terhadap jenis jamur tertentu

Sebelum anda memulai bisnis ini, tentu akan lebih baik jika mencoba melihat kebutuhan pasar terhadap jenis jamur tertentu. Dengan begitu tentu anda bisa melihat peluang terhadap jenis jamur tertentu yang paling laku dan harga jual yang bagus. Jamur yang paling banyak dibutuhkan itulah yang nantinya harus anda budidayakan lebih banyak.

3.  Banyak melakukan konsultasi

Konsultasi adalah solusi yang bagus untuk mendapatkan banyak informasi tentang rencana usaha anda ini. selain itu melalui konsultasi anda juga bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi dari orang-orang  yang sudah berhasil sebelumnya.

4.  Bekerja keras, berfikir positif dan tidak takut gagal

Memulai bisnis apapun, ketiga moto tersebut sebenarnya menjadi pondasi yang akan menemani anda melanghkah menuju satu peluang bisnis baru. Sebagai calon pebisnis baru dan dengan dana usaha baru juga tentunya, jangan pernah malas untuk berusaha mempelajari sesuatu sampai anda menguasainya termasuk dalam hal budidaya jamur.

Beberapa tips tersebut merupakan  tahapan-tahapan yang bisa anda lakuakan sebelum anda memulai bisnis budidaya jamur.

R.S

sumber gambar: limapuluhkota.wordpress.com


Kata kunci mesin pencari:

resensi buku merintis usaha jamur untuk rakyat - jenis jamur yang laris dipasaran - jenis jamur yang paling mahal dan paling laku di pasaran - jamur yang paling laku di pasaran - meresensi buku jamur untuk rakyat - jamur paling laku di pasaran - jamur yang terlaris dipasaran - contoh resensi buku ilmu pengetahuan populer - sinopsis merintis usaha jamur untuk rakyat - jamur terlaris - merintis usaha jamur untuk rakyat - buku berjudul merintis usaha jamur untuk rakyat - jamur yang paling laris - buku pertanian merintis usaha jamur untuk rakyat - Resensi merintis usaha jamur untuk rakyat - jamur paling laris - contoh contoh rangkuman pengetahuan populer membudidayakan jamur - contoh ikhtisar merintis usaha jamur untuk rakyat - contoh resensi buku usaha jamur - contoh resensi buku pengetahuan tentang jamur -
loading...
Memulai Bisnis Budidaya Jamur | Danus | 4.5