Mendulang keuntungan dari investasi pohon jati putih

mendulang keuntungan dari investasi pohon jati putihBeberapa waktu belakangan penulis sempat membuka buka beberapa blog pertanian dari internet dan menemukan ketertarikan pada pembahasan pohon jati putih. Karenanya kali ini kita akan mencoba membahas peluang dari usaha penanaman pohon jati putih.

Jika anda membayangkan pohon jati putih adalah serupa dengan jati pada umumnya, maaf anda salah. Pohon ini bahkan sama sekali tidak dekat secara ilmiah dengan pohon jati biasa yang kerap anda temukan. Pohon jati putih tidak berdaun lebar lebar seperti jati biasa, dan memiliki batang gelondongan kayu yang juga sangat berbeda karakter dari kayu jati.

Apa keunggulan pohon jati putih?

Pohon jati putih merupakan jenis pohon kayu keras yang sangat produktif. Masa panen yang hanya memerlukan waktu 10 tahun dari masa tanam. Dalam tempo 10 tahun iniĀ pohon jati putih akan tumbuh dengan diameter sekitar 50cm dan tinggi mencapai 30m. Sebuah pohon jati biasa akan memerlukan waktu sekitar 50 tahun untuk menghasilkan kayu sebesar itu.

Karakter kayu hasil pohon berwarna pucat hingga kerap dianggap putih, agak empuk dengan serat beralur yang halus, namun mendekati kekuatan jati biasa. Bisa kita katakan pohon ini memang memiliki peluang bisnis yang tinggi. Padahal sebenarnya kayu dari pohon jati putih tergolong kayu biasa.

Dari sisi usaha, tanaman kayu dengan usia tanam pendek dan hasil sebesar itu tentu sangat menggiurkan terlebih harga jual kayu jatiputih kini sedang sangat bagus dan diprediksi dalam 20 tahun kedepan masih akan tetap bagus.Dari sisi pembeli, sifat kayu yang lunak namun kuat, warna yang pucat dan beralur cantik mejadikannya favorit bagi banyak pengrajin dan pengusaha furniture. Karakter ini memungkinkan kayu untuk dimodifikasi sedemikian rupa.

Pengembangan usaha pohon jati putih

Jika anda tertarik mengembangkan bisnis dengan pohon jati putih ini berikut beberapa tips yang harus anda pahami :

  1. Anda harus siap menginvestasikan dana anda dalam pohon jati putih setidaknya dalam tempo 10 tahun
  2. Persiapkan lahan yang sesuai karakter pohon yang suka pada tanah gembur,lembab dan subur pada daerah dataran rendah dengan curah hujan sekitar 1200 mm/tahun
  3. Siapkan lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 5m dan pastikan anda rutin dalam perawatan seperti pemupukan setiap 2 bulan dan penyaingan rumput hingga usia pohon jati putih menginjak 2 tahun
  4. Sebelum masa panen siapkan pengepul kayu jati putih dan persenjatai diri anda dengan informasi harga terbaru agar anda tidak tertipu pengepul.
  5. Selama masa pertumbuhan pastikan anda memiliki jaminan keamanan atas tanaman dan lahan anda karena pohon jati putih tergolong tanaman dengan nilai jual tinggi.

Kata kunci mesin pencari:

jati putih - pohon jati putih - Budidaya jati putih - harga kayu jati putih - kayu jati putih - harga jati putih - budidaya pohon jati putih - budidaya pohon jati - harga kayu jati putih 2013 - harga pohon jati putih - Masa panen jati putih - investasi kayu jati - Prospek jati putih - budidaya kayu jati - investasi pohon jati - cara menanam jati putih - bisnis kayu jati - usaha kayu jati - harga jual jati putih - jati putih 2013 -
loading...
Mendulang keuntungan dari investasi pohon jati putih | LadyNoel | 4.5