Mengenal investasi reksadana

mengenal investasi reksadanaAnda pernah mendengar salah satu media atau instrument investasi reksadana? Apa anda juga sudah mengenalnya dengan baik? Atau justru media investasi ini sangat asing bagi anda. Khusus bagi anda yang ingin mengenal investasi reksadana, artikel ini akan menjawabnya.

Investasi reksadana secara sederhana dapat kita gambarkan dengan konsep penitipan dana dan pengelolaan. Seperti ini, anda dan beberapa orang lain menyetorkan dana investasi reksadananya, kemudian akan digabungkan oleh lembaga pengelolaan profesional yang nantinya akan akan dikelola dengan cara dibelikan berbagai media investasi.

Hasil reksadana bukan sesuatu yang dapat terukur pasti setiap bulannya seperti bunga. Karena hasil keuntungan adalah akumulasi dari seluruh hasil investasi dalam berbagai media. Jika investasi reksadana berformula saham 50%, obligasi 30% dan Surat hutang 20%, Maka keuntungan didapat dari gabungan hasil keuntungan saham 50% tadi digabung keuntungan obligasi 30% dan surat hutang 20%.JIka salah satu mengalami kerugian, maka bisa tertutupi oleh keuntungan instrument lain.

Sebenarnya investasi reksadana hampir mirip dengan investasi biasa oleh individu. Hanya saja, dana investasi dalam reksadana berjumlah sangat besar karena hasil gabungan dana banyak orang. Semakin besar dana, kemampuan diversifikasi investasi jadi lebih baik dan memiliki ketahanan yang lebih baik dalam menghadapi gejolak pergerakan harga investasi.

Pada umumnya performa investasi reksadana cukup bagus, bahkan bisa lebih baik dari investasi individu. Hal ini terutama karena pengelola investasi ini mengelola secara profesional dalam konsep investasi yang konsisten dan tersistem. Analisa dilakukan oleh manajemen investasi yang bersertifikat, sehingga memilki koneksi internal lebih baik ketimbang investot individu, serta memiliki kemampuan analisa yang lebih matang.

Salah satu kelebihan investasi reksadana, adalah sifatnya yang likuid dan disini anda akan terlibat dalam pengelolaan dana investasi, ini berbeda dengan system deposito berjangka yang memposisikan anda untuk pasrah dengan pengelolaan bank sepenuhnya. Artinya disini, anda bisa menarik dana anda, take profit, menghentikan sementara investasi anda.

Reksadana bisa direkomendasikan bagi anda yang membutuhkan investasi jangka panjang dengan hasil yang lebih berpotensi namun tidak memungkinkan untuk berurusan dengan analisa, perhitungan dan take action dalam bursa saham. Investasi reksadana sendiri populer dikalangan investor pemula dari kelompok menengah keatas.

loading...
Mengenal investasi reksadana | LadyNoel | 4.5