Mengenal Target Market Sebelum Membidiknya Dengan Tepat

mengenal target market sebelum membidiknya dengan tepatKetika anda memulai sebuah usaha, salah satu tugas utama anda adalah menentukan target market bagi usaha anda. Untuk membidik dengan tepat sebelumnya anda harus mengenal target market dengan baik. Dengan mengenal target market anda akan mampu menentukan potitioning usaha.

Apalagi itu dengan potitioning usaha?

Kata potitioning ini bisa kita gambarkan secara sederhana sebagai konsep produk, baik dari segi manfaat, sajian hingga layanan yang anda tawarkan. Berbeda pasar tentu jelas berakibat berbeda bagi produk anda. Karenanya mengenal target market sangat penting, setiap market memiliki perbedaan karakter dan kebutuhan, sehingga usaha anda akan beradaptasi dengan market bidikan anda.

Mengenal Target Market

Sebelumnya telah kita bahas, sebelum menentukan market apa yang akan kita masuki, kita harus mengenal target market secara mendalam, baik dari segi karakteristik, peta persaingan hingga konsep kebutuhannya. Berikut adalah market yang tersedia secara umum :

  1. Market KonsumenUntuk mengenal target market kategori ini sangat mudah, karena bahkan anda adalah bagian dari kategori ini. Mereka adalah kelompok yang membutuhkan produk untuk konsumsi sendiri bukan untuk diproses lebih lanjut, seperti pembeli individu dan rumah tangga non industry.Karakter kebutuhannya adalah layanan kebutuhan sehari hari dan keluarga sehingga cenderung lebih mudah anda masuki, tentu dengan persaingan yang cukup tinggi.  Untuk memasuki pasar ini anda perlu memiliki menyajikan produk secara menarik dari sudut pandang konsumen.
  2. Market IndustriUntuk mengenal target market kategori ini anda perlu ketahui bahwa setiap pembelian yang mereka lakukan kemudian akan mereka proses lebih lanjut. Artinya anda harus memiliki penawaran khusus seperti system termin, diskon untuk pembelian massal, atau berbagai promo tertentu, karena cara ini akan menarik pembeli.Pada umumnya produk yang mereka cari adalah barang industri, sehingga anda tidak perlu repot dengan kemasan dan tampilan, selama kualitas yang anda tawarkan sesuai kebutuhan mereka.  Tingkat persaingan dalam kategori ini juga tidak seketat kategori sebelumnya   
  3. Market PenjualUntuk mengenal target market yang satu ini juga tidak sulit karena mudah anda temui dalam lingkungan anda. Toko, supermarket dan warung sekitar anda adalah bagian dari kelompok ini, selain ada golongan eksportir, calo dan sebagainya.Karena muara dari target market ini adalah konsumen, maka anda harus memperhatikan kebutuhan market konsumen sembari juga memberikan penawaran khusus seperti market industry. Anda harus berhati hati karena resiko dan persaingannya sangat tinggi
  4. Market PemerintahMemasuki market ini sedikit rumit, karena karakteristiknya yang penuh birokrasi. Terus terang pada pasar ini sedikit harus jeli karena salah salah anda justru tercebur dalam bisnis yang beresiko terhadap hukum (jika tersandung kasus suap DLL)Meraka  adalah semua lembaga pemerintahan. Untuk terlibat dalam market ini biasanya dengan cara tender. Persaingannya agak berat, karenanya menciptakan relasi yang baik dengan pemerintahan adalah kunci kesuksesan dalam bisnis ini.

Kata kunci mesin pencari:

mengenal target market - mengenali pasar target - mengenali target pasar - cara mengenal pasar usaha - cara mengenali pasar - cara mengenali target pasar - cara mengenali target market - golongan target market - image target usaha - kategori target market - menentukan target konsumen - mengapa kita harus mengenal pasar - gambar target marketing - gambar dp target - gambar dp kata kunci target - dp salah target - cara pembisnis mengenal target pasar - tips mengenal target marketing - cara mengenali pasar target - cara mengenali pasar marketing -
loading...
Mengenal Target Market Sebelum Membidiknya Dengan Tepat | LadyNoel | 4.5