Peluang Bisnis Dari Buah Pinang

Pinang (areca catechu) adalah sejenis palma yang sudah lama dikenal sebagai obat herbal atau alternatif yang baik untuk kesehatan dan kecantikkan. Sehingga sejak tahun 1990-an permintaan atas buah ini sangat tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri . Di negara Jerman, Belgia, Belanda, Korea Selatan, dan China buah pinang digunakan untuk bahan baku farmasi. Berdasarkan data-data yang ada pinang asal Indonesia sangat diminati atau dengan kata lain 80% kebutuhan dunia akan pinang dipenuhi dari Indonesia. Salah satu jenis pinang yang sangat diminati adalah pinang merah. Kisaran harga perkilonya dari Rp.7.000 sampai Rp.21.000 sesuai dengan jenis dan kualitas buah.

buah-pinang

Mengapa permintaan atas buah pinang  sangat tinggi? Inilah beberapa manfaat dari buah pinang:

  1. Mengobati luka kulit
  2. Biji pinang muda digunakan kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan.
  3. Untuk mengobati rabun karena di dalam pinang terkandung arkeolin.
  4. Mengobati  penyakit cacingan
  5. Air rebusan biji pinang juga digunakan untuk mengatasi penyakit seperti haid dengan darah berlebihan, hidung berdarah (mimisan), koreng, bisul, dan kudis.

Anda ingin membudidayakan pinang atau hanya menjadi marketing?

1. Membudidayakan Pinang

Jika Anda memilih untuk membudidayakan sendiri, sebaiknya Anda tidak boleh tanggung-tanggung dalam mengeluarkan modal karena sangat sulit mendapatkan untung yang banyak dengan modal yang minim. Selain itu Anda harus mempunyai sasaran pasar yang jelas, apakah di luar negeri atau dalam negeri. Untuk proses pembudidayaan buah pinang hampir sama dengan buah kelapa. Buah yang bisa dijadikan bibit harus tua dan dalam kondisi baik. Langkah awal adalah proses penyemaian di dalam kantong plastik atau polybag. Proses penyemaian memerlukan waktu 18-30 bulan. Setelah itu baru masuk ke proses penanaman di lahan perkebunan. Buah pinang baru bisa dihasilkan setelah ditanam selama tiga tahun. Sehingga penanaman buah pinang sebaiknya menggunakan sistem bergulir. Buah pinang yang baru dipanen harus dijemur agar tidak berjamur.

2. Menjadi marketing

Artinya Anda tidak langsung menanam buah pinang. Namun membeli dari para petani dan dijual kembali kepada konsumen Anda. Agar mendapatkan jenis pinang yang kualitasnya baik sebaiknya Anda sering memberikan penyuluhan kepada petani.

Omset dari kedua bisnis buah pinang ini cukup menjanjikan. Sekarang tinggal Anda yang memilih.


Kata kunci mesin pencari:

bisnis pinang - bisnis buah pinang - Usaha pinang - cara bisnis buah pinang - usaha buah pinang - Peluang Bisnis buah pinang - pinang - cara bisnis pinang - bibit pinang unggul - budidaya pinang unggul - prospek pinang - Pinang BETARA - peluang usaha pinang - Harga bibit pinang - bisnis pinang muda - cara berbisnis pinang - bisnis pinang kering - peluang usaha buah pinang - peluang bisnis pinang - prospek buah pinang -
loading...
Peluang Bisnis Dari Buah Pinang | ulig | 4.5