UKM sebagai Peluang Bisnis Menjanjikan

Suatu usaha kecil menengah atau biasa disingakat dengan UKM merupakan jenis usaha yang mengacu ke jenis usaha kecil yang bisa dinilai dengan jumlah kekayaan murni usaha yang tidak lebih dari 200 juta. Peluang bisnis ini merupakan jenis usaha yang berdiri sendiri dan perlu dilindungi oleh pemerintah dari persaingan yang tidak sehat. Jenis usaha ini sebenarnya merupakan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh anda sebagai peluang yang bisa menghasilkan uang tanpa harus pergi ke kota atau hijrah ke Negara lain.

Berdasarkan undang-undang yang dibuat oleh pemerintah, peluang bisnis dari suatu usaha bisa dikategorikan sebagai usaha kecil menengah jika mempunyai beberapa kriteria diantaranya;

  1. Jumlah kekayaan murni untuk modal usaha harus tidak lebih dari 200 juta. Jumlah ini tentu tidak termasuk dari kekayaan bangunan yang ditempati.
  2. Usaha harus miliki warga Negara Indonesia
  3. Jumlah kekayaan tahunan tidak lebih dari 1 miliar pertahun
  4. Usaha merupakan miliki perseorangan

peluang bisnis menjanjikanJadi suatau jenis usaha bisa diketgorikan sebagai jenis usaha kecil menengah jika  memiliki beberapa kriteria tersebut. Ini artinya suatu usaha yang memiliki kriteria ini berhak mendapatkan perlindungan dari pemerintah dari berbagai pesaing usaha yang tidak sehat. Langkah ini sebenarnya merupakan program dari pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia melalui peluang bisnis UKM.

UKM ini telah banyak dijalankan oleh masayarakat desa yang kreatif dalam mencari peluang bisnis untuk mendapatkan pemasukan. Dengan modal yang minim mereka bisa memanfaatkan dana dari pemerintah melalui dana UKM yang memang ditujukan untuk membantu usaha kecil menengah, meskipun belum semuanya bisa mendapatkan dana ini.

Jenis-jenis usaha kecil menengah yang bisa anda manfaatkan sebagai peluang bisnis

  1. Manufacturing business yaitu usaha kreatif yang mengubah input dasar menjadi satu produk yang bisa dijual. Contoh; bahan dasar kayu yang bisa dirubah menjadi furniture atau perabobtan rumah.
  2. Merchandising business yaitu usaha dibidang perdagangan yang menjual kepada konsumen. contoh; toko kelontong yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.
  3. Service business yaitu usaha jasa yang tentunya tidak menhasilkan produk atau barang. Contoh; jasa layanan travel yang mengantarkan penumpang antar kota.

Peluang bisnis melalui usaha kecil menengah ini memang dibutuhkan kecerdasan untuk menciptakan berbagai inovasi produk agar bisa bersaing dengan usaha lain. Karena usaha ini merupakan milik perseorangan , tingkat kesuksesan usaha akan sangat dipengaruhi oleh kepiawaian pemilik usaha dalam hal manajerial. Meskipun usaha lebih fleksibel, perlu anda ketahui tentang beberapa kelemah yang mungkin akan dihadapai oleh parapelaku yang memanfaatkan peluang bisnis ini,, diantaranya adalah; kesulitan pemasaran, keterbatasan modal, keterbatasan SDM, keterbatatasan tehnologi dan juga bahan baku. Meskipun begitu, peluang bisnis melalui UKM ini patut anda pertimbangakan sebagai jalan untuk menjadi pengusaha sukses.

*sumber gambar: solopos.com


Kata kunci mesin pencari:

contoh usaha kecil menengah - bisnis ukm yang menjanjikan - bisnis menjanjikan - jenis usaha yang menjanjikan - usaha menjanjikan - usaha kecil menengah yang menjanjikan - peluang usaha yang menjanjikan - usaha yang menjanjikan - peluang bisnis menjanjikan - bisnis ukm menjanjikan - peluang usaha menjanjikan - peluang bisnis yang menjanjikan - jenis ukm yang menjanjikan - Usaha kecil menjanjikan - usaha ukm yang menjanjikan - contoh ukm di desa - jenis usaha - jenis usaha kecil menengah - jenis usaha ukm yang menjanjikan - jenis usaha yang menjanjikan 2012 -
loading...
UKM sebagai Peluang Bisnis Menjanjikan | Danus | 4.5