Peluang usaha pertanian organic

Peluang usaha bisa muncul dari mana saja, termasuk dari gaya hidup. Dari sebuah trend gaya hidup akan muncul berbagai kebutuhan yang bisa membuka berbagai peluang usaha. Kuncinya Anda harus cermat sekaligus jeli dalam mengamati lingkungan, pemberitaan dan isu-isu yang muncul. Dari situ Anda akan menemukan trend-trend yang bisa mendatangkan inspirasi usaha untuk Anda.

Salah satu trend gaya hidup yang sedang menjadi Hot Issue adalah back to nature. Konsep ini berangkat dari kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan demi masa depan. Konsep ini juga berasal dari cakupan trend go green, sebagai reaksi atas rusaknya alam akibat ulah manusia. Namun trend back to nature lebih bersifat pola hidup perorangan yang lebih sehat dan alami tanpa unsur kimia dan buatan.

Para penganut gaya hidup ini cenderung sangat pemilih, dalam makanan. Mereka hanya akan makan dari bahan yang alami dan bebas dari segala sesuatu yang berbau anorganik. Dari sinilah kemudian peluang usaha pertanian organic muncul.

Pada dasarnya pertanian organic adalah konsep pertanian yang system perawatan tanamannya sama sekali tanpa bahan kimia buatan, baik itu pupuk atau insectisida. Pemakaian bahan nonorganic dalam perawatan tanaman dipercaya dapat mengkontaminasi tanaman sehingga mengandung toksin yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit seperti kanker.

Meski produk organic belum terlalu dikenal masyarakat, perlahan pasar dari produk ini terus meningkat. Namun, perkembangan ini tak seiring dengan peningkatan supplai yang mencukupi. Produk organic masih sangat terbatas dipasaran dan akses untuk mendapatkannya juga masih sangat minim. Ini karena memang proses perawatan system organic bukan cara yang mudah, seringkali petani harus mengalami kegagalan pada awal usahanya. Hal ini menjadi membuat petani enggan terjun ke usaha ini.

peluang-usaha-pertanian-organic

Apa saja yang khas dari pertanian organic?

Untuk menjalankan usaha ini, Anda harus menemukan lahan yang bersih dari unsur kimia, kemudian memerlukan waktu penyuburan hingga sekitar 2 tahun, hingga mampu berproduksi optimal. Selain itu tanpa pemakaian pupuk buatan dan insectisida, tanaman jadi lebih rentan hama.

Beberapa petani memilih untuk panen lebih awal, sehingga produk organic cenderung lebih kecil ukurannya. Namun jangan khawatir dari sisi harga, produk organic cenderung lebih tinggi harganya. Untuk menjual dengan lebih baik, Anda bisa mengupayakan sertifikasi organic. Sertifkat ini akan menimbulkan kepercayaan konsumen akan keaslian produk Anda.

Yang jelas memang peluang usaha pertanian organic ini sangat potensial. Satu hal yang penting disini, Anda harus lebih sabar dan telaten dalam menjalankan usaha ini.


Kata kunci mesin pencari:

peluang usaha pertanian - bisnis pertanian - peluang bisnis pertanian - usaha pertanian - peluang usaha pertanian 2013 - usaha pertanian dana modal - cara membuka usaha pertanian - pertanian yang modal kecil - Peluangbisniskhaspertanian - bisnis kecil pertanian - peluang pertanian - Butuhusahapertanian - bisnis pertanian ukm - usaha pertanian modal kecil -
loading...
Peluang usaha pertanian organic | LadyNoel | 4.5