Pentingnya system akuntansi pada perusahaan kecil

Perkembangan usaha di Indonesia setiap harinya semakin baik. Perusahaan yang berawal dari usaha skala kecil semakin banyak yang mampu beranjak ke jenjang yang lebih mapan. Salah satu perbedaan signifikan dari skala usaha adalah volume transaksi. Karenanya sebuah usaha selayaknya memiliki system akuntansi sedini mungkin.

Banyak perusahaan kecil yang enggan menggunakan system akuntansi, bahkan mereka juga mengabaikan unsur pencatatan keuangan sederhana. Ini sebenarnya bukan sebuah langkah yang bijak. Karena tanpa pencatatan dan system akuntansi yang benar, maka tak ada indicator yang bisa Anda pakai untuk menilai kinerja usaha Anda secara real.

Pengusaha kecil biasanya mengabaikan system akuntansi karena beranggapan bahwa transaksi keuangan dalam usahanya terhitun sederhana, dan sedikit. Bahkan terkadang mereka mampu mengingat secara lisan transaksi dengan segala catatan khususnya. Namun bayangkan jika usaha ini lantas berkembang. Otomatis transaksi juga akan semakin banyak dan kompleks. Apakah daya ingat belaka masih mampu mencatat semua transaksi ini dengan baik.

tips meyusun laporan keuangan untuk pengajuan kredit

System akuntansi juga menjadi sebuah fondasi dalam membangun usaha yang lebih mapan. Karena dalam usaha kelas menengah, Anda memerlukan system otorisasi yang akan memaksa Anda untuk memiliki pencatatan detil uang masuk dan keluar serta otorisasinya. Pencatatan ini juga akan membantu Anda dalam mendokumentasikan setiap transaksi. Ketika terjadi kesalah pahaman, dokumen ini adalah satu satunya senjata Anda.

Bahkan dalam pengembangan usaha, system akuntansi bisa berperan besar membantu Anda untuk memperoleh kredit atau investor. Pencatatan keuangan adalah sebuah sejarah yang tertulis dan terotorisasi. Data ini adalah senjata Anda lagi dalam meyakinkan investor dan kreditur akan kekuatan keuangan Anda dari tahun ke tahun.

Yang kerap menjadi kendala adalah para pengusaha ini bisa dibilang awam dengan system akuntansi, system otorisasi keuangan dan system pencatatan serta pelaporan. Keawaman ini membuat mereka menghindari pemakaian system akuntansi dengan alasan ribet. Tapi setelah And abaca uraian tadi, Apakah Anda masih beranggapan system Akuntansi itu ribet? Atau justru usaha tanpa system akuntansi justru akan menciptakan benang kusut dikemudian hari.?


Kata kunci mesin pencari:

akuntansi keuangan - akuntansi - keuangan - gambar akuntansi keuangan - gambar akuntansi - gambar keuangan - mengabaikan pencatatan keuangan - pentingnya pencatatan transaksi bagi perusahaan - pentingnya transaksi keuangan - perusahaan kecil tidak membutuhkan akuntansi - pentingnya akuntansi bagi perusahan kecil - pentingnya akuntansi bagi perusahaan menurut akm - pembukuan usaha gypsum - mengapa perusahaan membutuhkan pembukuan sederhana - MEngapa pengusaha mengabaikan pencatatan transaksi keuangan - mengapa banyak yang mengabaikan pencatatan transaksi - alasan perusahaan kecil membutuhan akuntansi - akutansi bagi perusahaan kecil - akuntansi keuangan menengah - perusahaan membutuhkan pencacat keuangan -
loading...
Pentingnya system akuntansi pada perusahaan kecil | LadyNoel | 4.5