Persiapkan investasi dana pendidikan buah hati

Persiapkan investasi dana pendidikan buah hatiAnda pasti sudah menyadari tentang isu yang kini terus marak dikalangan orang tua, tentang terus meningkatnya biaya pendidikan. Pertanyaan seperti “Kalau sekarang aja segitu bagaimana dengan biaya anakku kelak?” sudah sangat kerap anda dengar dan bahkan mungkin kerap anda ucapkan sendiri.  Dana pendidikan memang selalu menjadi momok bagi banyak orang tua saat ini.

Lantas apa solusi menghadapi situasi ini? Persiapkan dana pendidikan anak anda sedini mungkin. Tentu jelas ini adalah solusinya, tapi bagaimana caranya? Ini bukan pertanyaan yang langsung dengan mudah bisa dijawab. Nyatanya dalam mempersiapkan dana pendidikan terkadang kita terperosok oleh inflasi dana pendidikan yang melebihi inflasi harga beras.

Sebenarnya solusi untuk mempersiapkan dana pendidikan yang paling jitu adalah dengan investasi. Namun sebelum anda mengawali investasi untuk dana pendidikan buah hati, anda perlu memahami beberapa poin penting berikut untuk memastikan hasil investasi yang lebih maksimal.

  1. Awali dengan memahami betul kemampuan anda menabung saat ini, cari solusi sederhana namun jitu untuk dapat memaksimalkan kemampuan menabung anda.  Dari sini anda dapat menghitung titik awal investasi anda.
  2. Tentukan target anda dengan menentukan target pendidikan bagi buah hati. SD dimana, SMP dimana, SMA dimana, Kuliah dimana??? Perkirakan biaya yang nantinya akan anda keluarkan, secara umum inflasi dana pendidikan berkisar 20% pertahun.
  3. Cari segala informasi berbagai media investasi yang ada, baik itu asuransi, investasi emas, dana reksa, saham, obligasi atau penyertaan. Yang perlu anda catatkan disini, anda harus memahami setiap resiko media investasi, setiap peluang keuntungan dan system serta teknik dari semua media investasi ini.
  4. Lakukan perhitungan dari berbagai media investasi akan skema hasil investasi yang dapat anda peroleh. Terkadang penyampaian agen investasi sangat manis hingga tanpa sadar anda sudah menandatangin kontrak, pelajari dan berhitung dengan teliti. Banyak jasa asuransi pendidikan misalnya, justru menipu dengan memunculkan dana pada masa masa masuk sekolah, namun jika anda hitung total nilai yang anda terima tidak ada pertambahan nilai dari setoran total anda.
  5. Tentukan instrument investasi anda, dengan mengatur beberapa media investasi jika memungkinkan dalam format porsi yang sesuai dengan profil resiko dan jangka waktu. Untuk meringankan resiko sebaiknya padukan investasi pada media resiko rendah dengan investasi pada medie resiko tinggi.


Kata kunci mesin pencari:

persiapan pendidikan buah hati -
loading...
Persiapkan investasi dana pendidikan buah hati | LadyNoel | 4.5