Potensi Film Indie Secara Ekonomi

potensi film indie secara ekonomi

potensi film indie secara ekonomi

Belakangan ini Saya sempat memperhatikan beberapa film Indie. Baik produksi Nasional maupun produksi internasional. Ada beberapa catatan yang Saya dapat pada saat proses merhatiin tadi. Terutama unsur ternyata ada potensi film indie dari sudut pandang ekonomi yang belum banyak tersingkap oleh masyarakat.

Sejak perkembangan dunia komunikasi dan informasibegini maju, internet telah berkembang sedemikian rupa, tak ada batasan lagi akan sebuah karya. Anda bahkan bisa hanya sekedar membuat sebuah channel di Youtube dan mengupload karya Anda disana. Walah…dalam sekejap Anda sudah memiliki ribuan viewer. Anda bisa jadikan media Youtube sebagai media promosi yang ampuh. Bahkan tak sedikit artis papan atas dewasa ini berangkat dari sekedar video di Youtube.

Tapi kini kehadiran program lain semacam I tunes, amazon dan masih banyak lagi membuka sisi ekonomi dari potensi film indie. Berkat berbagai media semacam ini, sebuah film indie punya peluang lebih untuk menyentuh pasar lebih jauh. Bahkan industri Hollywood juga tak ragu masuk kepasar film indie belakangan ini.

Yang menarik disini, pola pembuatan film indie yang biasanya rendah biaya semakin memiliki potensi secara ekonomi. Kadang para pembuat film sengaja menggunakan perangkat sederhana dan membuat film dengan cara yang simpel. Kadang minimal itu indah itu prinsip mereka. Beberapa bahkan tak menggunakan jasa artis profesional atau menggunakan lokasi gratis demi menekan biaya.

Biaya yang rendah memungkinkan produser mendapatkan margin yang lebih besar. Terutama berkat potensi film Indie yang semakin berkembang saat ini. Ketika sebuah film hanya memerlukan biaya tak lebih dari 10 juta, ternyata film ini bisa mengantongi keuntungan hingga 60 juta. Artinya Produser bisa memperoleh keuntungan berkali kali lipat dengan promosi gratis dan penjualan yang mengandalkan media internet saja. Sangat rendah biaya dan potensial kan?

Jadi bagaimana dengan pendapat Anda? potensi film Indie semakin menarik saja kan?

Leave a Reply