Proposal Pengajuan Kredit Usaha yang Efektif

proposal pengajuan kredit usaha yang efektifModal selalu menjadi sebuah masalah bagi banyak pengusaha, baik ketika memulai usaha hingga mengembangkan usaha. Solusi paling umum yang akan pengusaha ambil adalah dengan mengajukan kredit ke berbagai perusahaan pembiayaan. Namun kerap hal ini masih terbentur kendala dengan keharusan adanya proposal kredit usaha.

Masih banyak para pengusaha pemula yang kurang atau bahkan belum paham bagaimana seharusnya proposal pengajuan kredit usaha ini dibuat.

Kerap kali para pengusaha muda ini terbentur dengan deretan penolakan hanya karena proposal pengajuan kredit usaha yang kurang tepat. Masalahnya, justru persetujuan kredit selalu berpatokan pada data yang tersaji dalam proposal pengajuan kredit usaha. Maka, penting artinya sebuah proposal pengajuan kredit usaha yang efektif.

Sebenarnya membuat proposal pengajuan kredit usaha sama sekali tidak sulit. Prinsip prinsip dalam membuat proposal pengajuan kredit usaha sangat sederhana. Sebagai catatan, pihak bank (misalnya) hanya akan tertarik pada point point khusus seperti kekuatan keuangan anda, daya pengembalian modal dan perencanaan keuangan anda.

Bagaimana membuat Proposal Pengajuan Kredit usaha yang efektif?

Seperti telah kita bahas diatas, proposal pengajuan kredit usaha sama sekali tidak rumit, karena pada dasarnya yang menjadi kebutuhan pihak bank juga tidak terlalu banyak. Berikut  isi utama Proposal Pengajuan Kredit Usaha yang efektif :

  1. Surat pengajuan kredit
  2. Data profil perusahaan
  3. Sejarah perusahaan
  4. Laporan keuangan 2 tahun
  5. Perencanaan Kredit yang anda ajukan
  6. Analisa keuangan dan Analisa pasar perencanaan keuangan

Surat pengajuan Kredit adalah surat resmi yang berisi tentang surat pernyataan anda kepada pihak bank atau pembiayaan, bahwa anda bermaksud mengajukan kredit. Cantumkan besar kredit yang akan anda ajukan beserta garis besar perencanaan kredit anda.

Perencanaan kredit disini maksudnya tujuan anda mengajukan kredit dan rencana pembayaran angsuran. Selain surat pengajuan, cantumkan lagi secara detil pada proposal seperti pada point 5. Untuk catatan pada umumnya persetujuan kredit hanya akan menutup 80% total kebutuhan dana anda.Jadi siapkan pula 20% dana pribadi untuk perencanaan anda.

Dari list diatas jelas sekali bahwa salah satu kunci utama dari Proposal Pengajuan Kredit Usaha adalah Laporan Keuangan, Analisa Keuangan, Forecast atau perkiraan keuangan dan analisa pasar. Untuk itu anda memang sebaiknya memahami prinsip prinsip pelaporan dan analisa keuangan. Untuk catatan terakhir pastikan proposal pengajuan kredit usaha anda memberikan data nyata dan bukan rekayasa. Rekayasa terkadang justru menciptakan permasalahan dikemudian hari


Kata kunci mesin pencari:

proposal pengajuan dana usaha - proposal pengajuan kredit - proposal pengajuan kredit ke bank - proposal pengajuan kredit usaha ke bank - proposal pengajuan kredit usaha - proposal pengajuan kredit bank - proposal pengajuan dana ke bank - pengajuan kredit bank syariah - pengajuan kredit usaha - Proposal kredit - proposal pengajuan modal usaha - contoh proposal pengajuan dana untuk usaha - proposal kredit usaha - proposal kredit bank - proposal kredit usaha rakyat - proposal kredit ke bank - proposal modal usaha - contoh proposal pengajuan kredit ukm - pengertian proposal usulan kredit - isi proposal kredit -
loading...
Proposal Pengajuan Kredit Usaha yang Efektif | LadyNoel | 4.5