Prosedur Pengurusan Merek Dagang bagi UKM

prosedur  pengurusan merek dagang bagi UKMBagi Anda yang bermaksud membuat merek dagang bagi usaha UKM Anda, kerap kali terbentur dengan keterbatasan pengetahuan Anda tentang tata cara pengurusan merek dagang tersebut secara resmi. Berikut ini adalah informasi mengenai prosedur resmi pengurusan merek dagang.

  1. Anda harus mencocokan nama merek dagang yang Anda pilih dengan daftar umum mereka dagang yang resmi dikeluarkan oleh Ditjen HKI ( Drektorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual).
  2. Anda harus memenuhi segala syarat administrasi kepada Ditjen HKI. Disini pemohon sertifikasi merek dagang terbagi dalam pemohon personal dan badan hukum. Syarat tersebut adalah pengisian formulir dengan terketik dalam bahasa Indonesia, KTP, NPWP dan akta pendirian (bagi perusahaan dan badan hukum).
  3. Menyertakan logo atau gambar merek yang akan Anda ajukan untum disertifikasi. Ukuran antara 2 x 2 cm hingga 9 x 9 cm sebanyak 24 lapis dan berwarna.
  4. Bila hasil rekap dari poin 2 dan 3 sudah terpenuhi menurut Ditjen HKI, maka Anda perlu membayar biaya pendaftaran sertifikasi merek degang melalui Bank ditunjuk. Niali besarannya tergantung logo dan jenis usaha Anda. Minimal sekitar 400 ribu.
  5. Tahap verifikasi dari logo dan usaha Anda. Waktu verifikasi cukup lama bisa mencapai 9 bulan. Biasanya disini logo Anda di periksa dari berbagai sisi, untuk mencegah munculnya kotroversi dari merek dagang Anda. Selain untuk memastikan merek dagang Anda memang bebas dri plagiatisme dari merek dagang lain.
  6. Setelah itu pihak HKI akan menerbitkan pengumuman Berita Resmi Merek. Jika selama 3 bulan tidak ada pihak yang mengajukan sikap keberatan atas merek dagang yang Anda ajukan, maka merek dagang Anda resmi tersertifikasi. Masa berlaku setifika selama 3 tahun dan harus Anda perpanjang pada akhir periode.

Membuat merek dagang merupakan salah satu langkah real dalam mengembangkan usaha. Dengan merek dagang resmi, Anda bisa menjaga orisinalitas dari produk Anda dan ini penting bagi menjaga branding produk. Jadi tidak ada salahnya kan membuat merek dagang resmi?


Kata kunci mesin pencari:

cara membuat merek dagang - cara mengurus merk dagang - cara mengurus merek dagang - syarat membuat merek dagang - syarat membuat merek - cara membuat merk dagang - Cara mendapatkan merek dagang - cara mengurus merk - syarat membuat merk - cara bikin merk dagang - cara buat merk dagang - membuat merek dagang - syarat mengurus merk dagang - cara memperoleh merek dagang - syarat administrasi untuk mengurus usaha dagang - buat merk dagang - syarat membuat merk dagang - mengurus merek dagang - cara mengurus merek - Mengurus merk dagang -
loading...
Prosedur Pengurusan Merek Dagang bagi UKM | LadyNoel | 4.5