banner murah

pasang iklan murah

Prospek Cerah Budidaya Udang Hias


Jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya yang lebih dulu populer, udang hias air tawar (dwarf freshwater shrimp) memiliki daya tarik tersendiri. Terutama bagi kalangan hobiis ikan hias untuk dipelihara di akuarium. Tak hanya memilki bentuk dan warna yang menarik, udang hias juga memiliki fungsi sebagai penambah elemen untuk menghiasi habitat akuarium. Hewan berukuran mini inipun terbilang mudah berkembang biak. Cukup banyak pilihan udang hias yang bisa dijadikan koleksi dan sebagai penghias akuarium. Diantaranya, Orange Shrimp, Sunkist Shrimp, Red and Black Bee Shrimp, Red Cherry Shrimp, Mumble Bee Shrimp dan masih banyak lagi varian yang lainnya.

Menurut pengamat perikanan dari Balai Perikanan DKI Jakarta, Ir. Rachmat Syah Muchtar, keberadaan udang hias sudah ada sejak beberapa tahun terakhir ini. Jenisnya terbilang banyak dan udang hias yang kini beredar di pasaran ada yang berasal dari Indonesia seperti dari Papua dan Sulawesi seperti Celebes Beauty Shrimp. Ada juga yang berasal dari Australia, perairan Amazon, AS, Jepang dsb.

Potensi budidaya udang hias air tawar sebagai landasan bisnis saat ini cukup besar, mengingat permintaan udang hias tak hanya datang dari pasar ikan hias lokal, namun sudah diminati pasar ekspor. Hal ini diakui oleh Slamet, salah satu pembudidaya udang hias sekaligus pemilik Pondok Air “Sentra Udang Hias dan Lobster.” Udang hias ini tak hanya diserap pasar lokal saja, pernah suatu ketika ada eksportir yang datang memintanya untuk mengirim udang hias setiap bulan sebanyak 10 ribu ekor. Permintaan udang hias ini mulai meningkat setelah muncul kasus flu burung. Penghobi burung kemudian beralih ke udang hias.

Menurut Rachmat Syah Muchtar, pelaku usaha udang saat ini masih terbilang sedikit. Tak heran usaha budidaya udang hias berpotensi bagus ke depannya. Di Indoneisa belum ada komunitas-komunitas udang hias ini, jadi agar lebih booming lagi maka perlu juga dibuat hal semacam komunitas itu.


Kata kunci mesin pencari:

budidaya udang hias (72), cara budidaya udang hias air tawar (49), ternak udang hias (48), harga udang hias air tawar (41), cara ternak udang hias (37), budidaya udang hias air tawar (34), cara ternak udang hias air tawar (25), udang hias air tawar (24), bisnis udang hias (19), usaha udang hias (17), 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

footer gelumbang