Sogan Batik Rejodani, mengembangkan budaya sebagai potensi daerah

Batik kini sudah menjadi jati diri bagi bangsa Indonesia. Jika dulu batik identic dengan kaum tua, kini batik telah berhasil disulap menjadi leboh modis hingga bahkan menjadi busana kebanggaan. Ini adalah hasil upaya banyak usaha bidang batik modern seperti Sogan Batik Rejodani.

sogan batik rejodaniBerangkat dari rasa tertarik pada dunia fashion dan budaya batik, Iffa sang pemilik tertarik menjalankan usaha batik tulis dengan pewarnaan alam. Pewarnaan  alam memang merupakan teknik batik yang cukup klasik. Pewarnaan batik sengaja menggunakan bahan alami dari alam, seperti dari secang untuk warna coklat merah, atau daun Indigo busuk untuk warna biru. Teknik ini sudah cukup langka karena kalah dari pewarnaan sintetis yang memang lebih kuat dan tahan lama.

Namun Sogan batik Rejodani, nama usaha milik Iffa ini justru melihat ini sebagai potensi. Kesan lebih natural, lebih tradisional dan tentu tingkat kerumitan pembuatan yang lebih berat dari dengan pewarnaan sintetis menjadikan batik karya Sogan Batik Rejodani lebih bernilai, terutama dari kalangan turis mancanegara.

Usaha ini berawal dari sebuah rumah joglo antik milik keluarga yang kemudian iffa kembangkan menjadi workshop dan show room batik pada tahun 2001. Ketika itu Sogan focus pada kain batik tulis warna alam saja. Iffa sengaja merekruit para ibu rumah tangga dari sekitar kampung Rejodani sebagai pembatik tulis. Tak hanya itu Sogan juga merekruit perancang batik khusus dan pembuat pewarnaan, untuk menghasilkan kain batik yang ekskludif dan original.

Kini dalam perkembangannya Sogan Batik Rejodani telah berkembang menjadi usaha busana dan batik eksklusif yang cukup diakui. Kini Sogan Batik rejodani juga membuat secara eksklusif busana dengan bahan batik dengan rancangan khas. Tentu tanpa melepaskan kesan natural dan alami sekaligus eksklusif tadi.

Joglo yang selama ini telah menjadi lokasi workshop dan showroom ini juga kini berkembang dengan keberadaan garden resto bernuansa jawa klasik. Sembari menikmati menu khas jawa yang nikmat, Anda bisa menikmati alunan musik khas jawa dan para pembatik. Bahkan Sogan menyediakan paket khusus bagi mereka yang tertarik untuk belajar batik.

Jika Anda tertarik melihat hasil usaha Iffa selama 12 tahun ini, silahkan kunjungi Sogan Batik Rejodani di alamat Rejodani RT01/RW01, Sariharjo Ngaglik Sleman Jl. Palagan Tentara Pelajar km 10 Yogyakarta-INDONESIA (MONJALI ke utara 5 km ~ Pasar rejodani kekanan200m, Gg vanudrus kiri 50 m)


Kata kunci mesin pencari:

sogan batik rejodani - alamat sogan batik - alamat sogan batik rejondani - batik daerah monjali - batik sogan rejodani - rumah sogan batik rejodan - sogan batik modern - sogan sogan batik -
loading...
Sogan Batik Rejodani, mengembangkan budaya sebagai potensi daerah | LadyNoel | 4.5