Strategi pemasaran yang tidak boleh anda lupa

strategi pemasaran yang tidak boleh anda lupaKetika anda memulai sebuah usaha atau bisnis, satu hal yang harus terus anda tekankan adalah strategi pemasaran. Jika yang anda bayangkan dari strategi pemasaran hanyalah bagaimana kualitas produk anda dan bagaimana mempromosikan produk anda, maka anda belum tepat dalam mendefinisikan arti strategi pemasaran.

Dalam sebuah buku berjudul Cerdas Beriklan (dapat anda temukan ditoko buku terdekat) ada level level yang perlu anda perhatikan dalam menentukan strategi pemasaran. Ketiga level ini melekat dalam produk dan layanan  bahkan bisa kita katakan seorang konsumen yang membeli produk anda, juga berarti sekaligus mendapatkan ketiga level tadi.

Tiga level produk dalam strategi pemasaran

Menurut buku Cerdas beriklan tadi, dikatakan seorang pengusaha atau enterpreuner yang arif selalu memperhatikan urusan strategi pemasaran. Pemasaran yang bijak akan selalu mencatat ketiga level produk tadi dan memperhatikannya dengan baik. Ketiga level tadi adalah :

  1. Level dasar, Yakni fungsi inti dari produk anda
  2. Level Tambahan Nyata, Yakni kondisi tambahan yang menyertai produk dan dapat terlihat nyata
  3. Level Tambahan Tidak Nyata, Yakni kondisi tambahan yang menyertai produk namun tidak terlihat mata atau abstrak.

Untuk memperjelas kita coba bahas level level tadi satu persatu, sehingga memudahkan anda dalam menerapkannya pada strategi pemasaran anda. Penerapan ketiga level ini secara maksimal akan memberikan nilai positif bagi penjualan anda.

Level dasar atau fungsi inti maksudnya adalah kualitas dari produk itu sendiri. Misal anda berjualan kue, maka rasa, tampilan kue adalah fungsi utama dari produk. Pada Jasa misal asuransi, maka jaminan yang nasabah terima, nilai pengembangan investasi adalah fungsi utama dari produk jasa ini. Sudah bisa anda pahami maksudnya kan?

Level Nyata dalam produk disini adalah kondisi nyata yang menyertai produk. Misal warung makan atau kantor dari usaha anda. Kondisi yang bersih, tertata apik adalah nilai yang tidak dapat anda lepas dari produk. Apa anda akan betah ngopi di sebuah café yang tidak cozy?

Level  tidak nyata dari produk adalah kondisi tambahan yang tidak nyata, biasanya adalah layanan yang akan konsumen terima karena mengkonsumsi produk. Strategi pemasaran disini misal layanan purna jual, layanan Customer Service atau bahkan sekedar pelayan restoran yang ramah.


Kata kunci mesin pencari:

lima level yang perlu di perhatikan seorang pemasar -
loading...
Strategi pemasaran yang tidak boleh anda lupa | LadyNoel | 4.5