Target Penyerapan KUR Hingga Triliunan Rupiah

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah digulirkan oleh pemerintah Indonesia sejah tahun 2007 lalu diharapkan dapat membantu pengusaha-pengusaha kecil di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK). Dengan modal hingga Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah) yang didapatkan dari kredit atau peminjaman KUR, para pengusaha UMKMK dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

target penyerapa dana Kredit Usaha Rakyat

Dengan bertambah besarnya usaha, tentu akan membuat keuntungan yang didapatkan lebih banyak. Dengan begitu, taraf kehidupan pangusaha UMKMK secara khusus dapat meningkat. Sementara secara umum, kesejahteraan masyarakat Indonesia juga akan meningkat. Oleh karena itulah, pemerintah tiap tahun selalu mengevaluasi proses operasional KUR, apakah sudah sesuai yang diharapkan atau belum. Dengan evaluasi secara rutin ini, diharapkan penyerapan dana KUR di tingkat pengusaha UMKMK makin banyak.

Target penyerapan dana KUR
Pemerintah Indonesia pada tahun 2013 lalu menargetkan penyerapan dana KUR mencapai Rp 40 triliun. Sebuah target yang bukan omong kosong karena makin banyak pengusaha UMKMK yang tertarik untuk mengajukan permohonan kredit KUR. Sementara pada tahun 2014 ini, target penyerapan dana KUR harus bisa melampaui dari target pada tahun 2013, yaitu lebih dari Rp 40 triliun. Perlu diketahui penyerapan kredit KUR pada tahn 2012 mencapai Rp 36 triliun. Jumlah itu lebih besar dari target yang dipatok sebesar Rp 30 triliun.

Angka yang cukup fantastis yang semua mengharapkan penyerapan dana KUR semakin banyak. Pengusaha UMKMK yang mengajukan permohonan biasanya tertarik setelah mendengar, membaca, atau berdialog langsung dengan pengusaha lain yang telah sukses dahulu karena bantuan dari KUR. Tak dapat dipungkiri memang dana KUR dapat membuat pengusaha UMKMK lebih banyak bekerja untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Sebagai contoh, pengusaha travel yang hanya memiliki dua mobil untuk mengangkut konsumennya hingga ke tempat tujuan.

Pada awalnya, sang pengusaha hanya mampu membuka trayek sekitar pulau provinsi Jawa Tengah saja. Namun setelah pengajuan KUR disetujui oleh bank pelaksana dan akhirnya dananya cair, sang pangusaha travel segera membenahi manajemen perusahaannya. Selain itu, dia menambah moda angkutan untuk travelnya, sekaligus memperluas jangkauan wilayah travelnya hingga seluruh pelosok Pulau Jawa.

Menyejahterakan masyarakat Indonesia

Tujuan akhir dari semua program dari pemerintah, seperti halnya program KUR adalah menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Dengan kesejahteraan yang dimiliki, maka taraf hidup masyarakat juga akan membaik. Perekonomian semakin berjalan dengan baik dan menumbuhkan tingkat yang signifikan. Tingkat angka pengangguran dan kemiskinan dapat ditekan. Sementara bidang pendidikan, yang menjadi landasan kemajuan sebuah bangsa, akan semakin berkualitas dan lebih baik.
Itulah tujuan yang diimpi-impikan oleh seluruh rakyat Indonesia. KUR merupakan salah satu cara yang bisa dijalankan dalam bidang ekonomi, untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia.


Kata kunci mesin pencari:

kredit ukm bri - gambar uang rupiah lima ratus rupiah - sumber pendanaan usaha ritel - sumber biaya usaha - suber sumber dana usaha krp - program bank mandiri untuk usaha mikro - pinjaman uang di bawah 30 juta bank mandiri syariah - penyerapan KUR tahun 2014 - nasabah kena bi bank mau mengajukan pinjaman - KREDIT USAHA RAKYAT SEGERA DIGULIRKAN PEMERINTAH - target kehidupan -
loading...
Target Penyerapan KUR Hingga Triliunan Rupiah | Danus | 4.5