Ternak Ayam Kampung, Untung Maksimum

Apabila anda sedang mencari kesibukan ternak, dan bingung ingin beternak apa, maka beternak ayam kampung bisa menjadi pilihan yang sangat pas untuk anda. Kenapa? Sebab bila dibandingkan dengan ayam broiler, perawatan ayam kampung ini jauh lebih mudah. Selain itu, harga ayam kampung juga cenderung stabil bahkan naik, berbeda dengan ayam broiler yang harganya sangatlah fluktuatif. Dengan beberapa kelebihan tersebut, maka beternak ayam kampung bisa menjadi alternatif usaha yang tepat.

ternak ayam kampung

Untuk berternak ayam kampung, anda juga tidak perlu beternak dalam skala yang besar. Anda bisa melakukannya dalam skala yang kecil sekalipun dengan jumlah ayam kurang dari 50 ekor dalam satu periode. Namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda hendak memulai usaha budidaya ayam kampung ini, beberapa hal itu adalah sebagai berikut:

Perencanaan

Pengetahuan dasar akan seluk-beluk ayam kampung harus anda miliki sebelum anda mulai beternak ayam kampung. Jika hal ini butuh waktu yang lama, maka minimal anda tahu ilmu secara garis besarnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi besarnya resiko, sebab setiap usaha pasti mengandung resiko, dan resiko itu bisa anda minimalisisr ketika anda paham dengan apa yang sedang anda lakukan.

Resiko yang sering kali dihadapi peternak ayam kampung adalh resiko kematian, yang sering kali disebabkan oleh penyakit flu burung dan gumboro. Selai itu, untuk kandang ayam, akan lebih baik ketika anda membangunnya tidak berada di dekat rumah, namun minimal berjarak 1 km dari rumaha anda. Namun sering kali hal ini diabaikan oleh para peternak. Apabila anda membangun kandang di dekat rumah, anda harus memastikan bahwa ayam kampung anda divaksinasi, dan juga pendterilan kandang dengan disinfektan secara rutin.

Penyediaan Kandang

Dalam membuat kandang, anda juga harus memperhatikan kapasitasnya. Dengan kandang ukuran 1 meter persegi maksimal bisa diisi 7 ekor saja ketika anda menggunakan sistem full kandang. Sehingga memang anda akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk pembuatan kandang ini. Namun modal ini hanyalah anda keluarkan 1 kali saja untuk beberapa kali periode beternak ayam kampung.

Apabila anda memelihara ayam kampung pedaging, maka kandang lebih baik dibuat dengan model ren. Kandang ren merupakan kandang yang dirancang dengan pemberian atap pada sebagain kandang, dan tanpa atap pada sebagain kandang yang lain. Untuk bagian yang beratap bisa dijadikan sebagai tempat berteduh dan juga tempat beristirahat bagi ayam kampung, dan bagian yang terbuka bisa dijadikan sebagai tempat bermain dan mencari makan.

Peyediaan Pakan dan Bibit

Untuk pakannya, anda bisa memakai pelet. Namun anda bisa lebih menghemat biaya pakan, anda bisa menggunakan pakan alternatif seperti bungkil, jagung, desak, atau tepung tulang. Dan untuk bibit, lebih baik anda membeli ayam dara, karena pemeliharaannya jauh lebih mudah daripada anda membeli bibit DOC. termasuk mudah kan menjalankan usaha peternakan.


Kata kunci mesin pencari:

resiko ternak ayam kampung - Resiko ternak ayam - risiko ternak ayam kampung - budidaya minim resiko - ternak yang minim resiko - risiko ternak ayam kampong - ternak ayam kampung untung besar - usaha ternak resiko kecil - resiko usaha ayam kampung - risiko ternak ayam - usaha ternak minim resiko - omset ternak ayam kampung - resiko ayam kampung - risiko ternakan ayam - bingung jual ayam kampung dengan sekala besar - resiko usaha ternak ayam kampung - berat - berapa omset dari penjualan pelet ternak - peternakan yang resikonya kecil - resiko yang dihadapi penjual ayam kampung -
loading...
Ternak Ayam Kampung, Untung Maksimum | Danus | 4.5