Tiga Sektor Utama Penyerapan Dana KUR

Sejak diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang akan segera lengser, 5 November 2007 silam, progam Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah berhasil menyukseskan banyak pengusaha di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) hingga sekarang. Setelah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh lemabaga pemerintah, bank pelaksana, atau yang lain pengusaha UMKMK tersebut terdorong untuk berani mengajukan permohonan KUR. Akhirnya, pihak bank pelaksana menyetujui perhonan tersebut hingga mengucurnya dana kredit atau pembiayaannya. Dana tersebut dijadikan modal untuk melanjutkan operasional atau mengembangkan usaha UMKMK milik pengusaha. Berdasarkan data realisasi program KUR tingkat nasional, hingga Oktober 2012, sebanyak 37,88% dari total realisasi KUR Rp 87,97 triliun disalurkan ke sektor perdagangan, hotel, dan restoran.

sektor utama penyaluran KUR

Penyerapan kredit di sektor perdagangan

Hingga sekarang, penyerapan kredit KUR banyak terserap di salah satu sektor, yaitu perdagangan. Pasalnya, banyak pengusaha UMKMK yang mengambil sektor ini karena berbagai alasan. Mulai dari modal usaha yang bervariasi, macam produk barang yang bisa diperjualbelikan, keuntungan yang cepat kembali, hingga perdagangan online yang begitu marak akhir-akhir ini.

Pengusaha UMKMK di sektor perdagangan didominasi oleh orang-orang kecil yang bermodal relatif kecil juga. Oleh karena itu, mereka memang layak untuk mendapatkan KUR, asalkan usahanya dapat berkembang lebih besar lagi.

Penyerapan kredit di sektor perhotelan

Selain sektor perdagangan, sektor hotel dan restoran atau rumah makan menjadi manyoritas penyaluran KUR. Perlu diketahui jika pertumbuhan industri perhotelan di Indonesia tiap tahun selalu meningkat secara signifikan. Hal itu dibuktikan dengan menjamurnya pengusaha hotel, penginapan, atau losmen kelas melati. Para pengusaha yang bermain di sektor perhotelan sangat paham akan arti kenyamanan dan keamanan dalam menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, mereka menggandeng dan selalu bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama di bidang pariwisata untuk selalu mewujudkan hal tersebut.

Penyerapan kredit di sektor kuliner (warung makan)

Sementara sektor restoran dan rumah makan juga tidak kalah tingginya dalam penyerapan kredit KUR dari pemerintah. Sektor ini masih berkaitan erat dengan bidang pariwisata karena peningkatan wisatawan yang datang ke sebuah daerah pasti juga akan meningkatkan omset mereka. Oleh karena itu, sektor restoran dan rumah makan kecil dan menengah perlu dilindungi keberadaannya. Biasanya, pengusaha UMKMK di sektor ini masih bisa menjalankan usahanya dengan membuka rumah makan kecil untuk strata menengah ke bawah. Anda bisa melihatnya saat berjalan-jalan di pasar tradisional di kota Anda. Di sekitar pasar tersebut pasti ada usaha rumah makan yang tiap pagi selalu ramai oleh para pembeli. Beragam menu makanan, terutama makanan daerah setempat, ditawarkan. Apalagi saat pagi hari, menu tersebut baru saja matang, pasti sangat mengundang selera.


Kata kunci mesin pencari:

tingkat penyerapan dana kur 2014 - berapa dana KUR untuk usaha pangkas rambut - Dana kur - macam macam produk penyerapan dana ? - mengapa pinjaman di sektor perdagangan hotel lebih besar - penyaluran makanan kecil - usaha pangkas rambut bisa mendapatkan KUr -
loading...
Tiga Sektor Utama Penyerapan Dana KUR | Danus | 4.5