Tips Dalam Memilih BisnisFranchise

tips dalam memilih bisnis franchiseSalah satu peluang usaha yang menarik untuk anda geluti adalah menjalankan bisnis franchise. Bisnis ini memang bisa kita katakan lebih mudah karena beberapa aspek sudah disiapkan oleh franchisor atau pemilik franchise. Sehingga anda hanya perlu menjalankan sesuai system dengan beberapa pengembangan tentunya.

Namun menjalankan bisnis franchise bukan berarti semudah membalikkan tangan. Justru karena beberapa aspek telah siap sebelumnya anda perlu lebih seksama dalam menganalisa setiap penawaran bisnis franchise. Karena bisnis franchise juga cukup rawan penipuan dan kecurangan.

Selain itu, anda juga harus menganalisa produk franchise itu sendiri, karena suatu produk bisa laku keras di suatu lokasi namun tidak berarti akan pasti laku di lokasi lain. Jangan sampai bisnis franchise anda hanya berakhir dengan kerugian dan gerobak anda berakhir di gudang toko Barang Bekas.

Tips memilih Bisnis Franchise

Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan dalam memilih bisnis franchise, untuk catatan bahwa setiap individu memiliki kecocokan bisnis franchise yang bisa saja berbeda.

  1. Analisa produk franchise tersebut, apakah sudah pasaran? Apakah justru unik dan menarik konsumen? Apakah bisnis franchise ini produknya tergolong jenis konsumsi musiman, atau jenis sepanjang waktu, sehingga anda dapat menyikapi situasinya. Misal minuman es dawet biasanya laku keras pada musim panas, namun akan lebih sepi pada musim hujan.
  2. Analisa juga apakah proses pembuatan produk sanggup anda kerjakan dengan cepat. Anda tentu malas menunggu lama ketika anda memesan suatu makanan, begitu pula konsumen anda.
  3. Analisa lokasi yang sesuai dengan produk anda dan kondisi anda. Anda mungkin memiliki keterbatasan sehingga anda harus memilih lokasi yang mudah anda jangkau, namun memungkinkan produk bisnis franchise anda terjual.
  4. Analisa franchisor, lihat track record dari franchisor, masa usahanya, karakternya bahkan anda bisa menanyakan pada para pebisnis franchise yang telah bekerjasama dengan franchisor untuk mengetahui karakter bisnisnya.
  5. Analisa kontrak dan system franchise, pahami betul isi kontrak dan pastikan anda tidak dirugikan. Lihat juga apakah system franchise ini sudah teruji sukses.
  6. Analisa juga bagaimana system keuangan dari bisnis franchise ini, sekali lagi pastikan angka yang akan anda hasilkan sesuai dengan pengorbanan atau tugas anda.
loading...
Tips Dalam Memilih BisnisFranchise | LadyNoel | 4.5