Tips Menjaring Pasar Luar Negeri

Di saat daya beli lokal terbentur krisis, pasar luar negeri jadi pilihan utama. Sayangnya, banyak pengusaha yang belum memahami seluk beluk ekspor.  Bagaimana kiat seorang pengusaha dalam melakukan ekspor?

Dalam mencermati peluang ekspor, yang paling utama diperhatikan adalah kualitas produknya. Untuk itu sebelum melakukan kegiatan ekspor, standarisasi internasional yang menjadi kesepakatan bersama harus dipelajari lebih dulu. Standar itu berkaitan dengan penampilan, mutu ataupun kualitas barang.

Fungsi standar internasional itu sebagai antisipasi dalam menghadapi musim di negara tujuan. Bisa jadi bahan kayu yang diekspor tak tahan udara dingin dan mudah keropos. Sementara itu agar pembeli makin kesemsem, para eksportir perlu mempelajari selera konsumen. Biasanya jenis produk home industri banyak diminati.

Berhubungan dengan konsumen adalah salah satu modal untuk menjual produk. Untuk itu nama-nama pembeli produktif di luar negeri harus diketahui. Lembaga BPEN sejak awal telah melakukan berbagai pameran sebagai sarana memperkenalkan produk maupun pengusaha yang membuatnya. Selain itu sejak awal juga BPEN memiliki daftar nama-nama pembeli di luar negeri.

Dengan sarana itu pengusaha dan pembeli luar negeri dapat langsung bertemu. Syukurlah, pemerintah Indonesia sejak lama memiliki hubungan dagang dan diplomatik yang erat dengan negara potensial.

Untuk memulai ekspor, secara umum terlebih dahulu harus memiliki badan usaha. Di samping itu juga harus menekuni bidang bisnisnya, serta memiliki arah mau dibawa kemana produknya dan siapa pembeli potensialnya.

Mengenai cara memperoleh pembeli di pasaran luar negeri, lebih ditekankan pada pengetahuan pasar. Pengusaha harus menanyakan dulu produk yang disukai. Setelah itu, BPEN bisa mempertemukan dengan pengusaha yang mencari.

Selain itu, agar produknya dikenal konsumen, para pengusaha sebaiknya sering mengikuti pameran di dalam maupun di luar negeri, mengunjungi pertemuan di luar negeri atau dengan private mission.


Kata kunci mesin pencari:

cara mencari buyer dari luar negeri - cara mencari pembeli dari luar negeri - mencari buyer luar negeri - cara mendapatkan buyer dari luar negeri - mencari buyer - cara mencari pembeli di luar negeri - cara mencari pembeli luar negeri - cara mencari konsumen di luar negeri - cara mencari buyer - cara mencari konsumen luar negeri - daftar buyer luar negeri - cara mencari buyer di luar negeri - cara mencari pasar ekspor - cara mencari pasar luar negeri - cara mencari pelanggan di luar negeri - cara memperkenalkan produk ke luar negeri - peluang ekspor ke luar negeri 2016 - bagaimana cara memperkenalkan produk ke luar negeri - cara mengenalkan produk ke luar negeri - cara mengetahui peluang expor -
loading...
Tips Menjaring Pasar Luar Negeri | mamanmalmsteen | 4.5