banner murah

pasang iklan murah

Tips Meyusun Laporan Keuangan Untuk Pengajuan Kredit



tips meyusun laporan keuangan untuk pengajuan kreditKetika anda membuat Proposal usaha untuk pengajuan kredit, salah satu yang tidak bisa anda abaikan adalah meyusun laporan keuangan masa usaha 2 tahun. Tanpa anda menyusun laporan keuangan ini, maka proposal anda tidak akan memenuhi syarat pengajuan kredit.

Kali ini kita akan mencoba membahas tips tips dalam menyusun laporan keuangan yang mampu memenuhi kebutuhan pihak pemberi pinjaman, dalam hal ini biasanya bank. Jika yang anda bayangkan menyusun laporan keuangan akan sangat ribet dan rumit, maka mungkin anda akan berpikir berbeda setelah membaca artikel ini.

Cara menyusun laporan keuangan

Secara umum laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi kekuatan keuangan usaha anda. Dalam menyusun laporan keuangan, point point utama yang harus anda perhatikan adalah kebutuhan penerima informasi akan data data keuangan yang menunjukkan seberapa kuat kondisi keuangan anda.

Dari point itu, anda dapat menyusun laporan keuangan yang berisi:

  1. Struktur permodalan anda ( modal sendiri, investor, pinjaman)
  2. Kondisi kas anda ( uang yang ada dalam simpanan anda)
  3. Pendapatan anda ( tunai dan kredit)
  4. Pengeluaran anda ( tunai dan kredit)
  5. Inventaris anda
  6. Gambaran Utang Piutang anda.

Dari semua point diatas, secara umum akan mengambarkan aktivitas keuangan dari usaha anda. Karenanya dalam menyusun laporan keuangan pastikan anda tidak mengabaikan pencatatan harian yang teratur dan tertata. Karena tanpa pencatatan maka anda akan sangat kesulitan dalam meyusun laporan keuangan. Pada dasarnya laporan keuangan terdiri dari :

  • Laporan Arus Kas, yang menggambarkan aliran kas masuk dan keluar dalam usaha anda. Atau dengan kata lain semua pemasukan dan pengeluaran tunai atau pembayaranangsuran  yang terjadi harus terdata dalam pencatatan disini.
  •  Laporan Rugi Laba, yang menggambarkan seluruh biaya produksi dan pendapatan dari produk.Dalam data laporan ini anda bisa melihat laba kotor dari usaha anda.
  • Laporan Neraca, yang menggambarkan struktur permodalan dan pemetaan kekayaan usaha anda. Anda dapat membuat rumus aktiva = pasiva atau kekayaan = modal.

Menyusun laporan keuangan untuk pengajuan kredit

Ketika anda menyusun laporan keuangan untuk kredit, sebenarnya tidak perlu melenceng dari prinsip prinsip diatas. Format pelaporan juga tidak ada yang perlu anda rubah sama sekali. Hanya saja perlu anda tekankan beberapa hal berikut ini :

  1. Berikan data yang realistis dan tidak melenceng jauh dari kondisi nyata usaha anda
  2. Bank mencari usaha dengan kondisi keuangan yang kuat. Struktur modal dengan pinjaman yang minim, arus kas yang sehat (tidak ada  tunggakan dan tidak merugi), nilai laba yang signifikan, penjualan yang baik, peta kekayaan yang berimbang.
  3. Dalam menyusun laporan keuangan untuk bank, sajikan dalam format tabel simpel dan tidak bertele tele, sehingga mudah untuk mereka baca dan pahami.

Kata kunci mesin pencari:

contoh laporan keuangan perusahaan kecil (45), contoh proposal pengajuan kredit (34), contoh laporan keuangan untuk pengajuan kredit (28), laporan keuangan untuk pengajuan kredit bank (27), laporan keuangan untuk kredit bank (24), contoh laporan keuangan untuk pengajuan kredit ke bank (17), contoh laporan keuangan usaha kecil (14), syarat pengajuan kredit bank bri (13), contoh membuat laporan keuangan usaha kecil (13), contoh proposal pengajuan kredit ke bank bri (12), 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

footer gelumbang