Unggul Abinowo, Pendiri Republik Telo

Unggul Abinowo, Alumni Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang, Jatim, merupakan pendiri Sentra Pengembangan Agrobisnis Terpadu (SPAT). Terletak di jalur utama Malang-Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, sentra bisnis menyediakan berbagai produk sandang dan pangan yang dihasilkan wilayah sekitarnya. Namun dalam produk pangan olahan terlihat ketela atau dalam bahasa setempat disebut telo, mendapat tempat istimewa.

Di atas lahan seluas 8.000 meter persegi itu terdapat gerai besar, dengan produk telo mendominasi. Gerai ini dinamakan Republik Telo. Tepat di pintu masuk, telo segar dalam kemasan sekitar 1-2 kilogram langsung menyambut. Jika ingin yang lain, kita bisa memilih diantara 40 jenis makanan olahan ketela dan 300 jenis produk makanan kering ketela. Salah satu yang terkenal adalah Bakpao Telo.

Manajer Bakpao Telo, Irfan Widiyanto mengatakan usaha yang didirikan pada 1999 itu sengaja emnghadirkan produk lokal. Tidak hanya itu terminal bisnis ini sekaligus sebagai wadah pembinaan bagi petani dan produsen makanan olahan berskala usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Sejauh ini, sekitar 400 petani dan UKM terlibat aktif dalam pengembangan bisnis tersebut. Mereka diberi bimbingan tentang teknik menanam telo hingga pengolahan pascapanen.

Kerja sama dengan kelompok tani menggunakan sistem kebun plasma. Dengan cara tersebut, produktivitas dan kualitas ketela yang dihasilkan petani dapat terjaga.

Semoga Anda terinspirasi dengan usaha dan kerja kerasnya yang telah berhasil membangun usahanya di bidang agrobisnis.


Kata kunci mesin pencari:

republik telo - unggul abinowo - republik telo malang - pemilik bakpao telo - sejarah bakpao telo - sejarah bakpao telo malang - repoeblik telo - telo - REPUBLIK TELO PASURUAN - biografi unggul abinowo - profil perusahaan bakpao telo - repoeblik telo pasuruan - sejarah berdirinya bakpao telo - pendiri bakpao telo - pemilik bakpao telo lawang - pemilik bakpao telo malang - bisnis telo - profil bakpao telo - sejarah repoeblik telo - bisnis bakpao telo -
loading...
Unggul Abinowo, Pendiri Republik Telo | mamanmalmsteen | 4.5