banner murah

pasang iklan murah

Usaha taman bacaan, usaha modal kecil


Sejak Indonesia dihujani beragam komik jepang pada awal tahun 90-an, kemudian berlanjut pada berbagai novel ringan chiclit dan teenlit hingga gempuran novel berat seperti serial Harry potter, Membaca menjadi sebuah trend. Trend ini yang kemudian dijawab dengan bermunculannya usaha taman bacaan.

usaha-taman-bacaan

Yang menarik disini, trend membaca ini banyak muncul di kalangan anak muda. Tak heran kebanyakan memilih bacaan fiksi ringan yang dekat dengan dunia anak muda. Namun belakangan beberapa bacaan berat seperti bacaan tentang bisnis, filosofi modern  atau tentang psikologi populer mulai juga masuk listing pencarian.

Tingginya minat membaca dari kalangan ini tak diiringi dengan kekuatan finansial, sehingga membatasi kemampuan mereka untuk membeli buku. Kita sadari bahwa kebanyakan mereka masih dibawah pengaturan keuangan orang tua. Keberadaan usahan taman bacaan disini adalah sebuah jawaban dari kondisi ini. Membeli buku yang seringnya hanya akan mereka baca satu kali tentu bukan pilihan bagi mereka dengan keterbatasan keuangan.

Membuka usaha taman bacaan

Melihat dari potensi yang ada membuka usaha taman bacaan adalah sebuah ide bisnis yang cukup baik. Terlebih usaha taman bacaan tak membutuhkan banyak biaya. Anda bisa membuka sebuah taman bacaan hanya pada sebuah kios kecil berukuran 3 x 3 m.

Untuk melengkapi buku bacaan Anda bisa membelinya dari agen agen penjualan buku atau mengunakan jasa penjualan buku second yang kini marak. Banyak jasa ini bahkan menawarkan dana yang tergolong kecil untuk membeli sejumlah buku untuk modal awal sebuah usaha aman bacaan. Dengan dana sebesar 3 jutaan Anda sudah dapat 700 buku aneka ragam, dari komik jepang, komik Superhero USA hingga berbagai novel.

Perhatikan lokasi usaha taman bacaan Anda. Fokuslah pada kawasan yang dekat dengan anak muda, misalkan dekat dengan sekolah atau kawasan mahasiswa dan kos-kosan. Mengingat pasar Anda adalah kalangan anak muda, jauh lebih bijak jika Anda mengenakan tariff sewa buku yang terjangkau.

Poin penting lain adalah sisi keamanan, karena permasalahan utama usaha taman bacaan adalah buku pinjaman yang tak kembali. Jadi atur system peminjaman sedemikian rupa agar penyewa merasa berkewajiban mengembalikan buku.

Dengan peluang omset mencapai 10 juta perbulan tentu ini akan sangat menggiurkan kan???besar omset sangat bergantung pada kelengkapan buku yang Anda miliki. Taman bacaan dengan buku lengkap dan selalu up to date biasanya banyak dicari para penggemar buku.


Kata kunci mesin pencari:

bisnis taman bacaan (1), cara buka usaha taman bacaan (1), mau buka taman bacaan (1), untung dari taman bacaan (1), 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

footer gelumbang