Usaha Truk Mainan Kayu, berjuang ditengah modernitas

30 tahun lalu usaha truk mainan kayu mengalami masa jaya. Ketika itu permintaan untuk mainan truk kayu ini memang masih sangat tinggi. Bahkan produksi bisa mencapai 50 truk perbulan dan semua tertampung pasar dengan cepat. Ketika itu kawasan Jalan Raya Pasar Minggu dibanjiri kios pedagang truk mainan kayu.

usaha truk mainan kayu, berjuang ditengah modernitasBagaimana dengan sekarang?

Jika Anda mengunjungi Jalan Raya Pasar Minggu maka Anda hanya akan menemui satu orang pedagang truk mainan kayu yang masih bertahan saat ini. Adalah Dayat, pelaku usaha Truk mainan Kayu yang tetap bertahan ditengah trend mainan modern.

Dayat sebenarnya hanya meneruskan usaha sang ayah yang sudah menjalankan usaha sejak akhir 60an. Usaha keluarga ini sudah mengalami rangkaian pasang surut. Sempat pula menikmati masa jaya pada tahun 70an.

Berbagai ujian telah Dayat dan keluarganya lalui untuk mempertahankan usaha. Baik itu masa Krisis Moneter tahun 1998, hingga kebijakan Asean Chinna Free Trade Area ( ACFTA) yang mendorong masuknya berbagai mainan plastik murah dari China ke Indonesia dengan harga yang murah meriah.

Dayat tetap bertahan, meski semua rekan sesama pelaku usaha sudah rontok satu demi satu Namun siapa sangka kegigihannya kini justru menunjukan hasil cemerlang. Pasar yang mulai ditinggal para produsennya, justru menyisakan pasar yang sepi pesaing, sementara ditengah modernitas justru muncul penggemar baru dari produk mainan ini. Para penggemar ini ada yang memang anak-anak, namun tak sedikit justru kolektor yang memang menyukai mainan kayu meski berusia dewasa. Tak hanya itu bahkanDayat pernah menjual produknya keluar negeri.

Para penggemar justru mencintai produk mainan ini karena memang memiliki nilai seni tinggi, hand made sehingga tentu saja lebih orisinal. Untuk penggarapan sebuah truk memerlukan waktu hingga 3 hari. Kesulitan utama dalam membuat truk mainan ini pada proses produksinya yang memang lebih rumit dan perlu kecekatan sekaligus keterampilan khusus. Makanya jangan heran jika sebuah truk kayu bisa dibandrol dengan harga antar 50 ribu hingga 350 ribu.

Mungkin kita memang tak boleh meremehkan produk tinggalam lama. Justru ditengah modernitas ini, tak sedikit yang mulai kangen dengan produk-produk jadul, seperti mainan truk kayu ini. Dan kini, usaha truk mainan kayu bisa menjadi usaha yang menjanjikan.


Kata kunci mesin pencari:

truk mainan kayu - truk mainAn - cara membuat mobil truk mainan dari kayu - mainan truk kayu - truk mainan dari kayu - cara membuat truk mainan dari kayu - cara membuat mobil truk dari kayu - truk kayu mainan - Mainan truk dari kayu - cara membuat truk dari kayu - cara membuat mainan dari kayu - cara membuat truk mainan - cara membuat mainan truk dari kayu - truk kayu mainan anak - mainan truk - jual mainan truk kayu - cara membuat mobil mainan dari kayu - truk kayu - membuat truk mainan dari kayu - gambar truk mainan -
loading...
Usaha Truk Mainan Kayu, berjuang ditengah modernitas | LadyNoel | 4.5