Wejangan Jokowi pasal sukses usaha

jokowiJokowi tentu Anda kenal sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru saja terpilih tahun 2012 lalu. Tapi tak banyak yang tau bahwa Jokowi adalah seorang usahawan. Pemilik usaha furniture besar di kawasan Solo ini bahkan sudah berkecimpung dalam dunia bisnis selama 25 tahun. Tak disangka ya??

Berangkat dari pengalaman panjangnya sebagai usahawan, tak salah jika beliau menaruh perhatian lebih pada pelaku usaha muda. Berkali kali beliau menyempatkan diri menjadi pembicara dalam berbagai forum pengusaha muda. Berikut beberapa wejangan Jokowi dalam berbagai acara tersebut.

Yang pertama, seorang pelaku usaha harus terus mengutamakan inovasi dan kreatifitas. Produk yang pasaran dan follower biasanya harus berebut pasar dengan pesaing lain. Namun usaha yang selalu memiliki daya inovasi tinggi untuk produknya, akan selalu memiliki pasar lebih luas. Produk baru pada umumnya tak memiliki banyak saingan serta memiliki kecepatan lebih baik dalam memperoleh konsumen, terutama karena pasar pada dasarnya penasaran pada produk baru.

Yang kedua, seorang pelaku usaha tak boleh ragu dalam memberikan pelayanan maksimal pada konsumennya. Mantan wali kota Solo ini meyakinkan bahwa meski istilah konsumen adalah raja terkesan berlebihan, namun konsep ini cukup relevan. Bahkan pada usaha furniturenya, beliau tak pernah absen untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen, tak ragu memberikan pelayanan ekstra seperti pengiriman gratis produk furniturenya ke bandara untuk kosumen manca.

Yang ketiga, seorang pelaku usaha harus terus menjaga konsistensi dan focus dalam mengoptimalkan hasil usahanya. Usaha dana segala aspeknya memang terkadang cukup rumit. Pelaku usaha harus terus menjaga supaya kualitas kerja dalam tim, kuantitas dan kualitas hasil kerja selalu dalam garis normal target kerja. Jokowi mengingatkan tentang pentingnya peranan ketahanan seorang pengusaha dalam menghadapi situasi buruk dan kemerosotan bisnis.

Yang keempat, seorang pelaku usaha harus  memiliki profesionalitas. Profesional dalam menjalankan usaha, bekerja dalam tim, serta konsep menciptakan kepercayaan pelanggan. Pelanggan yang percaya dan nyaman, akan melakukan rebuy.

Sebagai seorang pelaku usaha dengan jam terbang tinggi, memang wejangan singkat dari jokowi ini cukup praktis dan mudah untuk Anda amalkan dalam usaha Anda. Serta membantu Anda untuk mengantarkan menuju sukses usaha.


Kata kunci mesin pencari:

tren usaha kawasan solo - usaha sandal kreatif - Wejangan pasar -
loading...
Wejangan Jokowi pasal sukses usaha | LadyNoel | 4.5