Suka Ngemil? Intip 10 Daftar Camilan Lezat dan Sehat Ini

 

Anda suka ngemil? Keinginan mengudap bisa timbul kapan pun. Saat Anda menikmati waktu senggang, atau pada sore hari. Anda pun mungkin suka mengkonsumsi makanan ringan di sela kerja atau bila sedang stres atau suka mengkonsumsi snack Cadina  . Bila Anda sudah makan sehat sepanjang hari, jika camilan tak dikontrol dengan benar, boleh jadi garam dan gula yang masuk ke tubuh berlebih.

 

 

Bagaimana cara mengatasi keinginan makan pada sore hari agar tetap mengenyangkan dan sehat? Salah satu cara terbaik adalah merencanakan makan siang Anda dan pastikan untuk memasukkan beberapa makanan ringan yang sehat untuk dimakan saat sore hari.

 

Banyak pakar kesehatan sekarang mengatakan bahwa selain tiga makanan sehat – sarapan, makan siang, dan makan malam, semua orang harus menikmati camilan sehat pada pagi dan sore hari juga. Setelah makan malam, makanan penutup kecil atau makanan ringan larut malam juga bisa membuat tubuh dalam keadaan bagus.

 

Semakin sehat makanan, semakin banyak yang bisa Anda makan. Misalnya, sepiring mentimun memiliki sekitar 45 kalori dan dibutuhkan lima keripik kentang untuk mendapatkan kalori sebanyak itu. Berikut adalah 10 camilan sehat seperti dilansir Boldsky, yang bisa menjadi pilihan Anda.

 

 

1. Protein Shake

Bawalah protein shake jika Anda menginginkan camilan sore. Minum protein shake akan membantu menjaga perut Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, serta memberikan nutrisi ke tubuh. Anda bisa membuat protein shake yang sehat dengan menambahkan pisang pada seperempat cangkir yoghurt dan seperempat cangkir susu dalam blender. Tambahkan madu, bubuk kayu manis dan biji chia, karena akan memberi Anda banyak energi dan akan membuat perut Anda kenyang.

 

2. Hummus dan Sayuran

Hummus terbuat dari buncis, yang kaya protein dan serat. Kacang buncis juga mengandung zat besi, folat, fosfor dan vitamin B. Jus lemon juga ditambahkan dalam pembuatan hummus, yang akan memberikan vitamin C dan antioksidan. Hummus dan sayuran mentah atau dikukus ketika dipasangkan bersama akan menjadi camilan sehat. Kudapan sehat ini membantu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol. Baca: Jangan Biasakan Menyilangkan Kaki, Bisa Kena Varises

 

3. Kurma, Selai Kacang dan Garam Laut

Ada baiknya, Anda menyimpan bahan-bahan makanan di samping Anda untuk mengekang hasrat makan pada sore hari. Ambil kurma, taburi dengan selai kacang dan taburkan sedikit garam laut di atasnya. Kombinasi sempurna ini akan memuaskan hasrat Anda terhadap rasa manis dan asin ketika. Makanan ini juga mengandung, serat dan protein yang sehat. Anda bisa menambahkan bahan-bahan ini ke dalam blender dan membuatnya menjadi smoothie.

 

4. Yoghurt, Almond dan Buah-Buahan

Yoghurt, almond, dan buah-buahan adalah salah satu makanan ringan sore yang sehat yang dapat Anda pilih. Ambil yoghurt tawar, taburi dengan buah-buahan musiman dan almond. Hindari menambahkan gula, dan Anda dapat menambahkan sedikit madu untuk rasa manis. Sekitar 23 almond menyediakan 6 gram protein, 4 gram serat, 35 persen vitamin E, 20 persen magnesium, 20 persen riboflavin, 8 persen kalsium, dan 6 persen potasium.

 

5. Keripik Pisang Panggang

Jika Anda menginginkan keripik pada siang hari, mengapa tidak memilih keripik yang sehat? Panggang keripik pisang membuat versi yang lebih sehat, karena dikemas dengan potasium. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Iris saja pisang, letakkan di atas loyang dan olesi dengan minyak. Panggang selama 10 menit pada 180 derajat dan tambahkan garam dan merica untuk hiasan. Baca: Sisi Kesehatan Tren Es Kepal Milo, Ini Kata Ahli Gizi

 

6. Irisan Tomat dengan Minyak Zaitun

Tomat kaya akan antioksidan, vitamin E, tiamin, niacin, vitamin B6, vitamin C, folat, magnesium, fosfor dan tembaga. Anda cukup memotong irisan tomat, minyak zaitun, dan tambahkan keju favorit Anda seperti keju cheddar, keju feta, dan keju biru. Ini akan membuat camilan sore yang sehat, karena diisi dengan lemak baik, lycopene, kalsium dan protein.

 

7. Kue Pisang

Kue pisang terbuat dari pisang tumbuk, sangat cocok untuk camilan manis yang sehat. Satu potong kue pisang tanpa kacang walnut mengandung 196 kalori. Sisa kalori dalam kue pisang berasal dari 6,3 gram lemak dan karbohidrat. Kue pisang mengandung vitamin dan mineral penting, seperti potasium, tembaga, selenium, mangan dan vitamin B6. Jika Anda menambahkan kacang kenari, kue itu akan menyediakan lebih dari 20 persen tembaga dan mangan. Baca: Waspada, Bahaya Mengorek Hidung Bisa Radang Otak

 

8. Almond

Segenggam kacang almond panggang akan menghasilkan kudapan sore yang sehat. Almond menyediakan vitamin E, serat, protein, dan lemak sehat. Dalam mangkuk, tambahkan almond, aduk dalam bubuk jinten, bubuk bawang putih, cabe rawit, dan garam. Aduk bumbu dalam minyak hingga hangat selama sekitar 30 detik.

 

9. Puding Beras Cokelat

Nasi cokelat lebih sehat daripada nasi putih, karena beras merah mengandung serat dan beberapa vitamin dan mineral seperti zat besi, kalium, mangan, protein, lemak, selenium, magnesium, kalori. Anda dapat menggabungkan beras merah, susu, mentega, dan ekstrak vanila dalam mangkuk. Masukkan ke dalam oven dan tambahkan madu atau buah beri untuk rasa.

 

10. Kismis

Kismis manis, sehat dan dikemas dengan vitamin dan mineral. Kismis penuh dengan energi dan kaya serat juga. Kismis dapat membantu pencernaan, meningkatkan kadar zat besi dan menjaga tulang Anda tetap kuat. Makanan manis ini memiliki khasiat menenangkan perut . Sekitar 3 sendok makan kismis, kira-kira 75 kismis akan membantu Anda menjalani hari dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *